Di dalam memoar ini, William Soeryadjaya bercerita tentang awal mula pembuatan mobil Toyota Kijang pada pertengahan tahun 1970-an
Jakarta (ANTARA) - Buku memoar William Soeryadjaya, seorang pengusaha yang mendirikan dan membesarkan Grup Astra, akan diluncurkan pada 12 Juni 2024 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

Memoar berjudul "Semangat Hidup dan Pasrah kepada Tuhan" itu merupakan karya almarhum Ramadhan KH, salah seorang penulis biografi dan otobiografi ternama Indonesia.

Setelah tertunda 20 tahun lebih lamanya, buku tersebut kini akan diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

"Penyusunan memoar ini berawal dari keinginan besar ayah untuk menuliskan kisah William Soeryadjaya yang sangat dikaguminya," kata Gilang Ramadhan, putera kedua almarhum Ramadhan KH dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Di dalam memoar ini, William Soeryadjaya bercerita tentang awal mula pembuatan mobil Toyota Kijang pada pertengahan tahun 1970-an.

Ketika itu dirancang satu jenis kendaraan bermotor yang murah, biaya pemeliharaannya rendah, dan irit dalam pemakaian bahan bakar.

Dari gagasan ini lahirlah di Indonesia jenis kendaraan bermotor niaga sederhana (KBNS) yang muncul dengan berbagai merek.

Dari sekitar lima merek KBNS yang muncul pada pertengahan dasawarsa 1970-an, hanya Toyota Kijang yang mampu bertahan dan berkembang.

Jenis kendaraan itu diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada masyarakat Indonesia pada 9 Juni 1977.

Hanya dalam waktu enam bulan sejak diperkenalkan, lebih dari 1.000 unit Toyota Kijang telah diproduksi dan hanya dalam waktu kurang dari dua tahun kemudian, unit yang ke-100 ribu dapat dicapai.

“Saya ingin Indonesia, yang sebenarnya kaya akan tanahnya, alamnya, iklimnya, dan penduduknya yang beragam etnis, bisa bersatu, maju, dan tak kalah dengan bangsa lain,” kata William dalam Memoarnya.

Karena itu, jadikanlah perusahaan kita The Indonesian Marubeni atau The Indonesian Samsung.

Acara peluncuran buku ini mengundang Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, serta dihadiri para tokoh bisnis, budaya, dan sastra.

Acara bertajuk Tribute to William Soeryadjaya dan Ramadhan KH ini juga akan diisi Pentas Teater "Om William Kita” yang diperankan oleh Reza Rahadian, Happy Salma, dan Verdi Solaiman, serta didukung oleh Agus Noor (sutradara), Gilang Ramadhan (aransemen musik), dan Shahnaz Haque (narator), Adi Darmawan (Komodo Project) dan Dian HP.

Baca juga: Presiden Jokowi hadiri peletakan batu pertama Astra Biz Center-IKN
Baca juga: Astra hadirkan layanan jual beli mobil terintegrasi lewat OLXmobbi
Baca juga: Astra Motor edukasi keselamatan berkendara pada tingkat SMA di Papua

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024