Bogor (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Imam Sudjarwo menargetkan tim nasional bola voli putri Indonesia U-18 tembus babak final gelaran Princess Cup Womens U-18 2024 di Nakon Pathom, Thailand, pada 8-13 Juni.

Imam Sudjarwo menjelaskan enam peserta gelaran Princess Cup Womens 2024 yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina dan Australia mempunyai kemampuan yang setara, namun Imam menjelaskan ke depannya tergantung dalam percaya diri selama pertandingan.

"Mudah-mudahan ini target adalah babak final. Saya tanya pelatih, dia bisa melihat bagaimana selama latihan ini lalu mengatakan targetnya masuk grand final," kata Imam Sudjarwo dalam konferensi pers, Rabu.

"Seluruh rakyat Indonesia yang cukup besar ini bisa mendoakan, sehingga kalau bisa masuk grand final tentu ke depan masa depannya lebih baik. Kita tahu di Asia Tenggara kita kan selalu nomor satu dan ini kan yang main tim Asia Tenggara ditambah Australia satu mudah-mudahan kita bisa mencapai target," ujar Imam Sudjarwo.


Baca juga: PBVSI panggil 12 pemain putri U-18 untuk kejuaraan di Thailand

Imam Sudjarwo menguraikan bahwa tim ini nantinya akan diproyeksikan menuju Olimpiade Brisbane 2032. Oleh sebab itu selain diberikan jam terbang internasional nantinya Gendis dan kawan-kawan akan diturunkan di Proliga musim depan dengan skema yang sama seperti tim Jakarta Garuda Jaya.

"Ini nanti setelah kejuaraan ini kita jadikan ada tim putri sendiri (main di Proliga), jadi tim putra sendiri dan tim putri sendiri, kita tujuannya ke Olimpiade Brisbane 2032," ujar Imam.

Dalam gelaran tersebut, Indonesia memboyong 12 pemain yang mayoritas berasal dari tim-tim Proliga 2024. Dari skuad Srikandi Muda tersebut, tujuh di antaranya berasal dari klub Jakarta BIN O2C yakni Naisya Patama Putri, Agni Sakina Rahmi, Syabilla Hilal Ramadhan, Syifaal Fadila, Tazma Aprilia, Shakira Ayu Tirtawijaya, dan Tina Syifa Sabila Salim. Adapun lima pemain lainnya berasal dari Jakarta Pertamina Enduro yakni Chelsa Berliana Nurtomo, Azzahra Dwi Febyane, dan Junaida Santi. Dua pemain putri yang juga dipanggil berasal dari tim debutan, Jakarta Livin Mandiri yakni Poppy Aulia Nursutan dan Venisa Dwi Oktani.

12 pemain putri yang dipanggil ke Princess Cup 2024 di Thailand:
1. Chelsa Berliana Nurtomo
2. Azzahra Dwi Febyane
3. Junaida Santi
4. Poppy Aulia Nursutan
5. Venisa Dwi Oktani
6. Naisya Patama Putri
7. Agni Sakina Rahmi
8. Syabilla Hilal Ramadhan
9. Syifaal Fadila
10. Tazma Aprilia
11. Shakira Ayu Tirtawijaya
12. Tina Syifa Sabila Salim.

Pelatih : Iman Agus Faisal


Baca juga: Indonesia berniat ajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia Voli U21
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024