Bangkok (ANTARA News) - Pemimpin protes anti-pemerintah Thailand Suthep Thaugsuban terpilih menjadi "Asia's Person of the Year 2013" dalam pemilihan yang dilakukan oleh Asia Society.

Laman Asia Society (http://asiasociety.org) mengumumkan bahwa Suthep, Sekretaris Jenderal Komite Reformasi Demokratis Rakyat (Peoples Democratic Reform Committee/PDRC) mendapatkan 88 persen suara atau total hampir 116.000 suara.

Ia mengalahkan Malala Yousafzai, pegiat hak-hak pendidikan perempuan dari Pakistan. Selama dua tahun berturut-turut, dia berada di posisi kedua dalam pemilihan itu. Tahun ini dia memperoleh hampir 12.000 suara, atau sembilan persen dari total suara.

Laman Asia Society menyebut adanya "fenomena Thaugsuban" karena Suthep yang sebelumnya sama sekali tidak dipilih mendapat banjir suara dari pengunjung."

Selama dua hari pertama tahun ini, halaman jajak pendapat Asia Society mendapat lebih dari 172.000 kunjungan. Hampir 165.000 kunjungan berasal dari Thailand.

"Sebagian besar lalu lintas datang dari Facebook dan beberapa papan pesan Thailand," kata laman itu seperti dilansir kantor berita Thailand, TNA.

Asia Society adalah satu organisasi pendidikan terkemuka yang didedikasikan untuk mempromosikan penguatan kemitraan antar rakyat, pemimpin, dan lembaga-lembaga Asia dan Amerika Serikat dalam konteks global.

Dibentuk tahun 1956 oleh John D. Rockefeller III, Asia Society adalah lembaga non-partisan dan nirlaba dengan kantor pusat di New York dan berpusat di Hong Kong dan Houston serta kantor cabang di Los Angeles, Manila, Mumbai, San Francisco, Seoul, Shanghai, Sydney, dan Washington,DC.

(Uu.H-AK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014