Jakarta (ANTARA) - Publik figur sekaligus pendiri jenama Fashion Today, Alice Norin menyebut bahwa kehadiran Shopee Live turut membantu membesarkan usaha miliknya dengan membuka peluang pasar yang lebih besar.

“Shopee Live memberikan keuntungan yang semakin besar dari brand Fashion Today. Ini tuh kayak bikin market baru buat aku,” kata Alice Norin dalam Webinar Shopee Seller & Creator Success Story yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Alice mengatakan, tren belanja secara ‘live’ telah mengubah cara orang berbelanja di era digital.

Menurut dia, tren ini memungkinkan pembeli untuk langsung melihat, berinteraksi, dan membeli produk yang ditampilkan selama siaran berlangsung.

Baca juga: Flash Sale kendaraan Rp6 ribu di 60 jam Shopee Live dengan Mami Louisse

Dengan interaksi langsung, ‘live shopping’ mampu menciptakan keterlibatan emosional yang kuat antara dirinya dan konsumen sehingga menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap produk yang dibeli serta loyalitas dari para pelanggan.

Ia mengaku berhasil membangun citra fesyen lokalnya mencapai potensi maksimal dan meraup peningkatan transaksi hingga lebih dari 30 kali lipat di berbagai puncak kampanye belanja bersama Shopee Live dibandingkan hari biasa.

Live itu nilai tambahnya adalah interaksi langsung dengan pelanggan, jadi kita tau apa kemauan mereka. Pelanggan juga semakin percaya dan loyal karena memang produk-produknya itu yang biasa aku pakai sehari-hari,” ujarnya.

Baca juga: Raffi Ahmad & Mami Louisse pandu Flash Sale Mobil Rp1 di Shopee Live

Lebih lanjut Alice mengungkapkan, Jenama Fashion Today yang ia luncurkan sejak tahun 2011 awalnya memiliki nama 8wood.

Jenama itu mendedikasikan diri pada fesyen yang kekinian untuk pemakaian sehari-hari, serta memiliki harga yang terjangkau.

Ia mengungkapkan, Fashion Today bergabung dengan Shopee di tahun 2020 karena permintaan dari para konsumen agar lebih mudah berinteraksi dan berkonsultasi terkait produk-produk yang dijual.

Baca juga: Lewat Shopee Affiliate dan Shopee Live, guru berhasil ubah hidup

Seiring dengan berkembangnya usaha, Alice kini telah mempekerjakan hampir 300 orang secara langsung maupun tidak langsung yang berhubungan dengan usahanya.

Alice menambahkan, ke depan Fashion Today akan berfokus pada variasi produk dengan mempertimbangkan saran serta masukan dari para pelanggan lantaran kemudahan interaksi melalui Shopee Live.

Selain itu, ragam kemeja, kaos, celana, dan beragam aksesori yang ia jual akan tetap menggunakan bahan baku yang berkualitas.

“Dulu pegawai tiga orang, sekarang 250 hingga hampir 300 pegawai berarti turut membuka lapangan pekerjaan termasuk bagi UMKM yang menyediakan bahan bakunya. Misi ke depannya itu variasi produk karena Shopee Live ini seperti ekosistem yang mem-provide apa yang pelanggan mau,” katanya.

Baca juga: Metode jualan "live shopping" tetap jadi primadona UMKM di 2024

Baca juga: Siaran belanja, fenomena para pemasar pintar bicara di depan kamera


Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024