Jakarta (ANTARA) - Aktris Nesia Weroza Puspa mengatakan sedang menekuni olahraga agar kondisi mentalnya tetap terjaga usai bermain film horor seperti “Sengkolo Malam Satu Suro”.

Exhale-inhale, tapi kalau aku selain itu olahraga. Kalau enggak bisa olahraga waktu proses syuting, aku biasanya suka stretching (peregangan tubuh),” kata Nesia saat berkunjung ke ANTARA Heritage Center di Jakarta, Rabu.

Menanggapi caranya menjaga diri agar tetap stabil usai bermain film horor, Nesia menuturkan selalu rutin melakukan peregangan baik di pagi hari maupun sebelum tidur. Menurutnya, cara ini efektif membuat dirinya bisa lepas dari karakter yang sedang ia mainkan saat waktu luang.

Baca juga: Donny Alamsyah dapat pelajaran hidup saat menjadi pemandi jenazah

Selain peregangan, Nesia mengaku juga menggemari olahraga seperti crossed fitness (crossfit) yang menggabungkan latihan kardio dengan beban dalam satu sesi, hingga olahraga yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh (endurance).

“Ini jadi tempat pelarian aku kalau sedih marah sama siapapun, sama diri sendiri atau lagi insecure, larinya ke sana,” kata dia.

Menurutnya, bisa lepas dari karakter yang dimainkan dalam film sangat penting bagi seorang aktor maupun aktris. Apalagi bila bermain film horor yang banyak menuntut para pemainnya bisa mengatur suasana hati sesuai dengan adegan yang mudah berubah.

Baca juga: Umay Shahab mengaku lelah mengedit film "Temurun" karena takut horor

“Belum lagi aku benci karena kaget itu buat detak jantung kita langsung tinggi, bisa dibilang spanning ya kayak sakit kepala. Makanya caraku seperti itu, dan acting ini menurutku sebuah pembelajaran yang laur biasa karena kita harus profesional, harus bisa menaikkan tensi emosionalku,” ujar dia.

Sementara bila terkait dengan melepaskan rasa trauma terhadap adegan yang menyeramkan, Nesia mengatakan dirinya selalu berusaha berpikir positif agar cepat melupakan adegan tersebut. Di sisi lain, ia juga memperkuat dan memperbanyak ibadahnya agar hal serupa tidak terjadi di kehidupan sehari-hari.

“Ini paling penting, aku memperkuat iman dan ibadah. Apapun yang kita jalani sehari-hari, hal utama yang tidak boleh ditinggalkan adalah Allah SWT,” katanya.

Baca juga: Bryan Domani ungkap alasan yakin bermain film horor di "Temurun"

Nesia bakal berperan sebagai Nanda, adik dari Ibrahim (Donny Alamsyah) dalam film "Sengkolo Malam Satu Suro" yang mulai tayang di bioskop pada 20 Juni mendatang.

Dalam film yang digarap oleh rumah produksi MVP Pictures ini, dikisahkan Ibrahim bekerja sebagai pemandi jenazah, keluar dari pekerjaannya usai kehilangan keluarga dalam peristiwa yang mengerikan. Cerita akan dimulai dari dirinya yang mendadak diminta kepala desa untuk memandikan sebuah keluarga kaya raya yang meninggal dengan dugaan terkena ilmu hitam.

Baca juga: Baim Wong angkat cerita horor di rumah sakit di film "Lembayung"

Namun setelah satu tahun menekuni pekerjaan barunya itu, Ibrahim mulai menemukan adanya petunjuk yang mengarah pada penyebab kematian keluarganya dan bersiap menghadapi teror di rumah.

Film yang disutradarai oleh Hanny R. Saputra ini turut melibatkan sejumlah pemain seperti Donny Alamsyah, Fauzan Nasrul, Anantya Kirana, Kenya Nindia, Dasha March, Rahmet Ababil, dan Dayinta Melira.

Baca juga: Baim Wong debut sebagai sutradara dalam film “Lembayung”

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024