Makassar (ANTARA) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri tahun 2024 di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Teruslah memberikan pengabdian terbaik sebagaimana transformasi menuju Polri yang presisi," papar Kapolri kepada Kapolda se Sulawesi dan jajaran pejabatnya di Makassar, Rabu.

Kapolri juga menekankan pentingnya dedikasi dan inovasi dalam mendukung transformasi Polri, sebab hal itu yang paling utama dalam menjalankan tugas sebagai pelindung masyarakat.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas prestasi dan penghargaan yang telah diraih oleh Baharkam Polri.

Kapolri berharap Rakernis dalam ini, Baharkam Polri semakin siap dan adaptif dalam mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, sejalan dengan visi dan misi Polri Presisi.

Dalam kesempatan itu, Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Mohammad Fadil Imran menjelaskan Rakernis Baharkam Polri tahun ini merupakan tahap kedua dan memberi kesempatan bagi jajarannya untuk mengevaluasi dan mengukur hasil pelaksanaan tugas.

"Termasuk tindak lanjut dari Rakernis tahap pertama yang telah dilaksanakan sebelumnya," tutur mantan Kapolda Metro Jaya ini menambahkan.

Kegiatan tersebut mengangkat bertema 'Baharkam Polri Presisi yang Proaktif dan Adaptif, Siap Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'.

Rakenis Baharkam Polri itu juga dihadiri Asops Kapolri, Kadiv Humas, AsSDM Polri, para Kapolda se-Sulawesi. Tujuannya, untuk mengevaluasi serta mengukur implementasi tugas-tugas Baharkam Polri.


 
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (tengah) didampingi Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran (2/kanan)
bersiap menerima gelar kehormatan kerajaan disela Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri
tahun 2024 di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/6/2024). ANTARA/HO-Dokumentasi Polda Sulsel.




Pemberian Gelar Kehormatan

Disela kegiatan, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menerima penghargaan gelar kehormatan dari Kerajaan Gowa, Kabupaten Gowa dan dari Kerajaan Bone, Kabupaten Bone.

Raja Gowa ke-XXVIII Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang Sultan Malikusaid II memberi Kapolri gelar kehormatan dengan sebutan, I Mannaungi Daeng Parani, artinya pemimpin yang senantiasa mengayomi dan melindungi masyarakat serta pemberani dalam melaksanakan tugas negara.

Selanjutnya, dari Dewan Adat Saoraja Bone memberikan gelar kehormatan kepadanya dengan sebutan La Pateddungi Daeng Pasampo, yang artinya seorang pemimpin yang arif menaungi dan melindungi bangsa dan negara.
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024