Harapan kita pada saatnya Dewan Keamanan PBB dapat membuat sebuah keputusan yang dapat memaksa Israel untuk patuh menjalankan keputusan ICJ
Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI, Jakarta, Rabu, memaparkan sejumlah upaya prioritas Indonesia dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Dia mengatakan bahwa upaya prioritas pertama dan terus diperjuangkan Indonesia sejak awal adalah mendorong terciptanya gencatan senjata Israel terhadap Palestina.

"Beberapa prioritas saat ini, antara lain pertama mendorong terciptanya gencatan senjata segera dan permanen, immediate and permanent ceasefire, tanpa ceasefire upaya perbaikan situasi tidak akan terwujud," kata Retno.

Kedua, Indonesia terus mendorong kelancaran bantuan kemanusiaan bagi Palestina dan mendukung kerja Badan Bantuan dan Pekerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

"Kita berkomitmen untuk terus meningkatkan bantuan kemanusiaan baik langsung maupun melalui UNRWA. Bantuan untuk UNRWA telah kita tingkatkan beberapa kali, dan ke depan bantuan akan disesuaikan terus dengan kebutuhan lapangan," tuturnya.

Baca juga: Menlu RI: Indonesia kecam keras Israel labeli UNRWA organisasi teroris

Baca juga: Indonesia sambut keputusan Spanyol, Irlandia, Norwegia akui Palestina


Ketiga, mendesak Israel agar mematuhi semua keputusan Mahkamah Internasional (ICJ).

"Harapan kita pada saatnya Dewan Keamanan PBB dapat membuat sebuah keputusan yang dapat memaksa Israel untuk patuh menjalankan keputusan ICJ," ucapnya.

Keempat, terus mendorong lebih banyak negara mengakui negara Palestina.

Kelima, terus berusaha berupaya agar proses keanggotaan Palestina di PBB dapat segera dirampungkan.

Keenam, terus mendorong agar implementasi two state solution (solusi dua negara) dapat dijalankan.

Dia pun menegaskan bahwa Indonesia akan terus berupaya menjalankan mandat konstitusi dari pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa "Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan", termasuk terhadap Palestina.

"Indonesia akan menggunakan all possible avenues untuk terus mendukung Palestina, baik dukungan politik, secara bilateral, maupun di forum internasional, melalui ICJ, maupun melanjutkan dukungan kemanusiaan,” ujar Retno.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024