Beverly Hills (ANTARA News) - Film "12 Years a Slave" menjadi drama pujaan di Golden Globe dan "American Hustle" memenangi kategori film musikal atau komedi terbaik pada pembukaan ajang penghargaan Hollywood pada Minggu.

Hanya dua film itu yang meraih lebih dari satu penghargaan di ajang tahunan Golden Globe Awards ke-71, salah satu barometer penting menjelang penghargaan tertinggi industri film, Academy Awards, yang akan digelar 2 Maret.

"American Hustle" garapan sutradara David O. Russel yang bercerita tentang pengungkapan kasus korupsi di Amerika tahun 1970-an, adalah pemenang tertinggi yang mendapatkan tiga Globe dari tujuh nominasi. 

Selain meraih film musikal atau komedi terbaik, American Hustle juga meraih dua Globe lainnya  yaitu dari Amy Adams yang meraih kategori Aktris Terbaik serta Jennifer Lawrence untuk Aktris Peran Pembantu Terbaik.

Sementara film sederhana tentang AIDS "Dallas Buyers Club" yang dibintangi oleh Matthew McConaughey membawa pulang dua penghargaan akting, untuk dia dan rekan mainnya Jared Leto.

Film "12 Years a Slave" karya sutradara Inggris Steve McQueen, yang menggambarkan perbudakan sebelum perang sipil Amerika, hanya memenangkan satu penghargaan dari tujuh nominasi yang mereka dapat.

Namun drama terbaik adalah penghargaan tertinggi di Golden Globes dan McQueen berterimakasih kepada aktor dan produser Brad Pitt, yang memainkan peran kecil dalam film namun banyak ambil bagian dalam pembuatan film tersebut.

"Tanpamu film ini tidak akan pernah dibuat, jadi terima kasih, di manapun kamu berada," kata McQueen seperti dilansir kantor berita Reuters.

Di antara yang pulang dengan tangan kosong adalah pujaan para kritikus, film The Coen bersaudara "Inside Llewyn Davis" dan film Alexander Payne, "Nebraska."

Penerjemah: Maryati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014