Bogor (ANTARA) - Pelatih tim nasional bola voli putri Indonesia U-18, Iman Agus Faisal menilai tim Srikandi Muda harus diasah mental.

PBVSI akan mengirimkan 12 pemain yang akan bersaing di ajang Princess Cup Womens U-18 2024 di Nakon Pathom, Thailand, pada 8-13 Juni.

"Pemain-pemain ini potensinya bagus, yang perlu dipupuk ini percaya diri dan mental bertanding. Mudah-mudahan di Thailand mereka bisa perlahan mengasah mental karena ini butuh proses oleh karena itu saya katakan kepada assisten jangan sampai kita mendiamkan mereka karena setiap waktu harus detail memberi instruksi buat mereka bisa mengerti voli dengan baik," kata Iman Agus Faisal kepada pewarta, Rabu.

Fafa, sapaan akrabnya, menguraikan bahwa timnas putri Indonesia dibentuk sejak 20 Mei lalu dan telah melakoni satu pertandingan uji coba menghadapi Jakarta Livin Mandiri.

"Jadi tim U-18 ini dipersiapkan mulai latihan 20 Mei. Pola latihan mereka memang sebagai pelajar, timnas itu levelnya di atas, paling tidak ada tiga hari perbaikan teknik-teknik dasar, tiga hari teknis transisi tim dan dua hari sisa disaksikan Ketua Umum PBVSI dan manajer pembentukan tim," ujar Fafa.

Baca juga: PBVSI panggil 12 pemain putri U-18 untuk kejuaraan di Thailand

Timnas voli putri U-18 merupakan tim yang juga berisikan sejumlah nama pemain yang baru menjalani debut bersama di timnas senior pada gelaran AVC Challenge Cup 2024. Nama-nama tersebut diantaranya Azzahra Dwi Febyane dan Junaida Santi.

Fafa mengkonfirmasi bahwa Junaida Santi yang kini membela klub Jakarta Pertamina Enduro baru akan menyusul menuju Thailand usai gelaran seri Bandung kompetisi Proliga 2024 usai.

Meski tanpa Junaida Santi di awal pertandingan, Fafa tak merisaukan hal tersebut karena telah menyiapkan opsi dan strategi lain di tim.

Dalam gelaran tersebut, Indonesia memboyong 12 pemain yang mayoritas berasal dari tim-tim Proliga 2024. Dari skuad Srikandi Muda tersebut, tujuh di antaranya berasal dari klub Jakarta BIN O2C yakni Naisya Patama Putri, Agni Sakina Rahmi, Syabilla Hilal Ramadhan, Syifaal Fadila, Tazma Aprilia, Shakira Ayu Tirtawijaya, dan Tina Syifa Sabila Salim.

Adapun lima pemain lainnya berasal dari Jakarta Pertamina Enduro yakni Chelsa Berliana Nurtomo, Azzahra Dwi Febyane, dan Junaida Santi. Dua pemain putri yang juga dipanggil berasal dari tim debutan, Jakarta Livin Mandiri yakni Poppy Aulia Nursutan dan Venisa Dwi Oktani.

Baca juga: PBVSI bakal bentuk tim voli putri untuk bersaing di Proliga

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024