Jakarta (ANTARA) - Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memeriksa
kesehatan hewan kurban di Tempat Penampungan Hewan Kurban di Gantangan Burung Angkasa, Jalan Angkasa Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
"Kami monitoring pengawasan Tempat Penampungan Hewan Kurban di Gantangan Burung Angkasa, Jalan Angkasa Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat," kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, total sebanyak 598 hewan kurban diperiksa di lokasi tersebut.
 
Suharini menyebut, pihaknya sengaja turun secara langsung untuk memastikan pemeriksaan hewan berjalan maksimal sehingga seluruh hewan kurban yang beredar di Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK) terjamin sehat dan layak.
 
"Hari ini kami melakukan monitoring dan supervisi menjelang Idul Adha 1445 Hijriah. Hingga hari ini kegiatan di 5 wilayah kota Administrasi DKI telah memeriksakan sebanyak 24.450 ekor hewan," ujar Suharini.

Baca juga: Stok hewan kurban cukup untuk kebutuhan Idul Adha di Jakarta
 
Sebanyak 24.450 hewan itu terdiri dari empat jenis hewan, yaitu sapi sebanyak 13.936, kerbau (52), kambing (8.810) dan domba (1.652).
 
Adapun hewan kurban yang masuk ke DKI Jakarta itu berasal dari daerah Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suharini memastikan, petugas akan memberikan layanan pengobatan secara gratis apabila ada hewan yang sakit.
 
Kemudian, selain melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan, petugas juga melaksanakan pemeriksaan dokumen lalu lintas hewan kurban.

 Baca juga: Jakpus sosialisasi penyelenggaraan kurban yang aman dan sehat

Lalu petugas melakukan pengawasan kelayakan TPnHK yang mencakup sarana pemeliharaan seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi.
 
"Kegiatan ini masih terus berlanjut seiring dengan kedatangan hewan kurban lainnya yang masuk ke DKI Jakarta," tegas Suharini.
 
Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti menambahkan, pemeriksaan di TPnHK Gantangan Burung Angkasa memeriksakan sebanyak 598 hewan kurban. Terdiri dari 331 ekor sapi, 218 ekor kambing dan 49 ekor domba.
 
Hingga hari ini, kata Penty, tidak ditemukan pelanggaran dan penyakit pada hewan kurban di wilayah Jakarta Pusat. Para pemilik atau pengelola penampungan pun mampu menunjukkan surat keterangan dari daerah asal hewan sudah divaksin.
 
"Surat veteriner mereka tidak ada yang bermasalah. Setelah kita cek dan memenuhi syarat lapaknya kami tempel stiker sudah melalui pemeriksaan," kata Penty.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024