Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan Palestina resmi menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Mei 2024.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Sidang PBB telah menerima Palestina menjadi anggota. Alhamdulillah palestina Merdeka

Jika Palestina telah merdeka. negeri yg paling aman hanya ada di palestina”

Namun, benarkah Palestina resmi menjadi anggota PBB?

 

Unggahan yang menarasikan Palestina resmi menjadi anggota PBB. Faktanya, hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai Palestina di keanggotan PBB. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan YouTube TVOne yang berjudul “143 dari 177 Negara Terima Palestina Sebagai Anggota Baru PBB | Kabar Pagi tvOne”.

Sebanyak 143 negara memberi suara mendukung Resolusi Keanggotaan Penuh Palestina yang digelar Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jumat (10/5). Resolusi tersebut nantinya akan memberikan "hak dan keistimewaan" baru kepada Palestina dan meminta Dewan Keamanan (DK) untuk mempertimbangkan kembali permintaan Palestina untuk menjadi anggota ke-194 PBB.

Namun, hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai Palestina menjadi keanggotaan PBB. Dalam laman resmi PBB, tidak terdapat negara Palestina dalam urutan negara keanggotaan PBB.

Cek fakta: Hoaks! Panglima Israel yang perintahkan bakar Masjid Al-Aqsa ditangkap Hamas

Cek fakta: Misinformasi! Polisi razia pengguna kaus berlambang bendera Palestina

Baca juga: Jumlah warga Palestina yang tewas di Gaza bertambah jadi 36.550 orang

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2024