Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa menarik soal politik dan pertahanan terjadi di sepanjang Rabu (5/6). Dari mulai Rapimnas PPP hingga pasukan perdamaian yang dikirim ke Gaza.

Berikut beberapa berita menarik yang telah dirangkum ANTARA.

1.Sekjen PPP tegaskan Rapimnas fokus bahas konsolidasi dan pilkada 2024

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Jendral Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Arwani Thomafi menegaskan bahwa rapat pimpinan nasional (Rapimnas), yang dilaksanakan pada 6 Juni 2024 di Tanggerang, fokus memperkuat keorganisasian dan eksistensi partai pasca tahapan pemilihan umum tahun 2024.

Rapimnas ini juga merumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, kata Arwani saat silaturahim PPP dengan bakal calon kepala daerah se-Kalteng di

Baca di sini


2.Prabowo bahas kerja sama bidang industri pertahanan dengan Slovakia

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membahas soal kerja sama pengembangan industri pertahanan dengan Duta Besar Slovakia untuk Indonesia, Tomas Ferko di ruang kerja Kemhan, Jakarta Pusat, Rabu.

"Kami ingin senantiasa memiliki hubungan pertahanan bilateral yang harmonis dan saling menguntungkan dengan Slovakia, khususnya dalam melibatkan industri pertahanan dalam negeri Indonesia,” kata Prabowo dalam siaran pers resmi kala menerima Tomas Ferko di kantor Menhan.

Baca di sini


3. KPU sebut harmonisasi PKPU mutarlih pilkada 2024 sudah selesai

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan bahwa harmonisasi peraturan KPU (PKPU) terkait dengan penyusunan atau pemutakhiran daftar pemilih (mutarlih) pilkada 2024 sudah selesai.

"Terkait dengan pemutakhiran daftar pemilih, dan pencalonan kepala daerah, saat ini sebenarnya untuk instrumen hukumnya itu sedang dalam proses harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan HAM. Sebenarnya relatif sudah selesai, terutama untuk pemutakhiran daftar pemilih," kata Mellaz saat hadir secara daring dalam seminar di Sekretariat Dewan Pers, Jakarta, Rabu.

Baca di sini


4. Kemendagri: Realisasi anggaran pilkada 2024 sudah 31,12 persen

Jakarta (ANTARA) - Tenaga Ahli Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengatakan bahwa realisasi anggaran untuk Pilkada 2024 telah mencapai 31,12 persen.

“Jadi, APBD 2023 uangnya sudah siap, sudah hibah kepada KPU (Komisi Pemilihan Umum), dan itu sudah dipakai. Jadi, insya Allah sampai dengan sekarang tidak ada masalah,” kata Suhajar dalam seminar yang diselenggarakan di Sekretariat Dewan Pers, Jakarta, Rabu.

Baca di sini


5. Menlu: Pengiriman pasukan perdamaian ke Gaza di bawah mandat PBB

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menekankan bahwa pengiriman Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia ke Gaza, Palestina, dilakukan apabila mendapat mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Untuk pengiriman PKO (peacekeeping operation) ya, harus dilihat kalimat Bapak Prabowo, Pak Menhan, Pak Presiden terpilih bahwa Indonesia siap untuk mengirimkan pasukan perdamaian di bawah mandat PBB. Jangan dihilangkan kalimat di bawah mandat PBB," kata Retno usai rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Baca di sini
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024