Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan penyesuaian rute layanan sehubungan adanya demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.
 
"Penyesuaian layanan dengan tetap mempertimbangkan kenyamanan pelanggan TransJakarta," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT TransJakarta Wibowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Adapun penyesuaian rute tersebut antara lain koridor 1 (Blok M-Kota) dan layanan Non BRT rute 1A (Pantai Maju - Balaikota). Koridor 1 (Blok M- Kota), Halte Monumen Nasional arah Kota dan Halte Kebon Sirih arah Kota untuk sementara tidak melayani pelanggan, sedangkan arah sebaliknya (Kota arah Blok M) beroperasi normal.
 
Rute pengalihan arah Kota, yakni Halte Blok M-Halte Sarinah- Jalan Kebon Sirih-Hotel Millenium-Jalan Fachrudin-Jalan Cideng Barat-Halte Petojo-Halte Harmoni-Kota.

Baca juga: Polisi kerahkan ribuan personel amankan aksi di Patung Kuda Jakpus
 
Kemudian untuk rute 1A (Pantai Maju-Balai Kota), halte Monumen Nasional arah Pantai Maju untuk sementara tidak melayani pelanggan. Sedangkan untuk arah sebaliknya (Pantai Maju arah Balai Kota) beroperasi normal.
 
Rute pengalihan arah Pantai Maju-Balai, yaitu Bus Stop Balai Kota-Halte Balai Kota-putar balik-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara (depan Istana Negara)-halte harmoni.
 
Kepolisian mengerahkan sebanyak 1.626 personel gabungan guna mengamankan unjuk rasa beberapa elemen masyarakat di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dan sekitarnya.
 
Personel gabungan tersebut dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar bundaran Patung Kuda Monas hingga depan Istana Negara.

Baca juga: Polisi terjunkan 576 personel jaga aksi di sekitar Patung Kuda
 
Selain itu, pengamanan juga dilakukan untuk mengantisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa aksi masuk ke dalam Istana Negara.
 
Sedangkan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain bersifat situasional.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024