Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan bahwa pihaknya telah meminta bantuan Mabes Polri untuk menugaskan Brimob Nusantara membantu pengamanan pelaksanaan pilkada di Papua.

"Brimob Nusantara itu akan disiagakan di beberapa wilayah guna mempermudah pergeseran bila terjadi gangguan keamanan. Namun, belum dipastikan jumlah personel Brimob Nusantara yang diperbantukan untuk mengamankan pilkada," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Kamis.

Dijelaskan dia, selain meminta bantuan dari Mabes Polri, pihaknya juga mulai mempersiapkan personel yang ada di jajaran Polda Papua beserta Polres jajaran.

Persiapan terus dilakukan guna mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya gangguan keamanan.

"Selain mempersiapkan personel, juga didekati tokoh masyarakat dan agama serta para pihak agar dapat mengeliminir terjadinya gangguan keamanan," katanya.
 
Kapolda Papua berharap masyarakat ikut serta menjaga keamanan dan tidak mudah terpancing dengan isu yang disebarkan kelompok yang tidak bertanggung jawab.

"Mari kita semua menjaga keamanan yang dimulai dari wilayah tempat tinggal sehingga pelaksanaan pilkada senantiasa aman," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Polda Papua saat ini membawahi 29 Polres dan Polresta yang tersebar di empat provinsi yaitu Provinsi Papua,Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024