Pangan aman, sekarang beras sudah stabil bahkan ada di bawah harga pokok penjualan (HPP)
Tangerang (ANTARA) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjamin stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha 1445 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada hari Senin tanggal 17-18 Juni 2024.

"Pangan aman, sekarang beras sudah stabil bahkan ada di bawah harga pokok penjualan (HPP)," ucap Mentan Amran di Tangerang, Kamis.

Menurut dia, kondisi ketersediaan pangan secara nasional dapat dipastikan aman dan terjamin. Dimana, hal tersebut terlihat dari pasokan dan harga pangan yang ada seperti beras, jagung serta yang lainnya dalam keadaan stabil.

"Kemudian jagung yang lima bulan lalu kita import tapi tiga hari yang lalu justru kita eksport. Jadi itu artinya pemerintah sudah bekerja maksimal," ujarnya.

Kementan juga saat ini, tengah berupaya memfasilitasi dan menjaga ketersediaan pangan dari wilayah surplus.

Hal ini dilakukan untuk menjaga agar hasil panen petani tetap terserap pasar di tengah situasi konstitusional seperti ini.

Dalam hal ini, Mentan juga menyampaikan mengenai ketersediaan hewan kurban sebagai kebutuhan masyarakat pada Idul Adha.

Dimana, terdapat 2,06 juta ekor dengan terdiri atas sapi, kerbau, kambing, dan domba di seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat nantinya.

Baca juga: Kementan pastikan hewan ternak untuk Idul Adha aman
Baca juga: Kementan perbanyak koperasi tani tarik minat petani muda
Baca juga: Mentan Amran sebut realisasi pompanisasi capai 19.885 unit

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024