Semarang (ANTARA) - Ketua Umum DPP PKB H Muhaimin Iskandar memastikan kepala daerah hasil Pilkada 2024 yang berasal dari partai ini akan tegak lurus dengan kepemimpinan nasional.

"Kepala daerah dari PKB hasil pilkada serentak merupakan bagian dari pemerintahan, siapapun pemimpinnya," kata Muhaimin saat pembekalan bakal calon kepala daerah di wilayah Jawa Tengah yang akan bertarung dalam Pilkada 2024 di Semarang, Kamis.

Menurut dia, hal tersebut sudah disampaikan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto bahwa kepala daerah yang berasal dari PKB merupakan bagian dari pemerintahan yang akan datang.

"Harus ada sinkronisasi di tingkat pusat dan daerah," tambahnya.

Secara nasional, kata dia, terdapat sekitar tiga ribu bakal calon yang mendaftar ke PKB untuk maju dalam pilkada di tingkat kabupaten/ kota hingga provinsi.

Dengan demikian, lanjut dia, PKB memiliki stok calon pemimpin yang besar jumlahnya.

Menurut dia, para bakal calon kepala daerah yang mendaftar melalui partai ini bukan hanya berasal dari PKB, namun juga partai politik lain.

"Saya berterima kasih kepada kader partai lain yang mendaftar melalui PKB dari mana pun sumber calon harus kita terima," katanya.

Ia menjelaskan rangkaian seleksi dengan sungguh-sungguh dilakukan melalui analisa berbagai pertimbangan penting.

"Dengan demikian akan terpilih bakal calon yang tidak hanya berkapasitas dan berkualitas, namun yang terpenting menang dalam pilkada," tambahnya.

Ia berharap dalam pilkada sebagai kompetisi yang terbuka, tidak ada penggunaan aparat atau yang macam-macam.
***2***

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024