ini pekerjaan rumah besar
Jakarta (ANTARA) - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono mengatakan pertumbuhan ekonomi Jakarta masih rendah dibandingkan nasional yang mana pada tahun ini berada pada kisaran 4,78 persen.

"Secara nasional ekonominya membaik, tapi di Jakarta agak turun," kata Doni di Jakarta, Kamis, saat memberi sambutan pada acara Jakarta Kreatif Festival.

Menurut dia, secara nasional pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat, di mana pada tahun 2023 pertumbuhan di kisaran 5,04 persen dan tahun ini berada di angka 5,11 persen.

Doni mengatakan pertumbuhan ekonomi di Jakarta mengalami penurunan dibanding tahun lalu, dan bahkan tidak bisa menyamai nasional.

"Jakarta malah turun dari 4,85 persen menjadi 4,78 persen. Jadi ini pekerjaan rumah besar bahwa pertumbuhan ekonomi Jakarta tidak sampai 5 persen," tuturnya.

Padahal kata Doni, Jakarta merupakan kota yang pertumbuhan ekonominya dipicu oleh pengeluaran konsumsi, untuk itu perlu adanya langkah dari Pemprov DKI Jakarta dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ia menambahkan bahwa dengan acara Jakarta Kreatif Festival dan Jakarta great sale diharapkan pertumbuhan ekonomi di Jakarta kembali naik tidak lagi di bawah nasional.

"Oleh karena itu acara hari ini itu sangat penting karena Jakarta itu dipicu oleh pengeluaran konsumsi. Dan ini harus dikelola apalagi diskon sampai 70 persen jadi dengan adanya acara ini ke depan Jakarta akan tumbuh 5 persen," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa BI siap membantu pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta dengan beragam strategi di antaranya yaitu dengan strategi dorong dan tarik.

Untuk strategi dorong (push strategy) Doni mengatakan dengan cara menyiapkan dan melatih para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Sementara untuk strategi tarik (pull strategy) yaitu dengan membawa para pelaku UMKM yang mengikuti acara ini dengan terlebih dahulu di saring untuk nantinya dibawa ke tingkat global.

"Kami dari BI siap membantu, karena kami mempunyai strategi push dan pull," katanya.
Baca juga: Festival Musikal Indonesia untuk bangkitkan ekonomi kreatif
Baca juga: Kopi Bermani tampil di Jakarta Kreatif Festival
Baca juga: Teten yakini seluruh produk UMKM di JaKreatiFest 2022 berkelas

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024