Secara keseluruhan bisa dinyatakan siap, saya kira 90 persen. Nanti Juli Bapak Presiden RI akan ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan final.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan persiapan untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN secara keseluruhan dinyatakan siap.

"Secara keseluruhan sudah bisa dinyatakan siap, saya kira 90 persen. Nanti Juli Bapak Presiden RI akan ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan final," ujar Basuki, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan satu per satu seperti lokasi dan tata urutnya terkait perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN. Selain itu, sutradara untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN yakni Wishnutama Kusubandio dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Sudah dicek satu per satu oleh Bapak Presiden RI, satu per satu dicek karena sutradaranya itu Bapak Wishnutama dengan Bapak Menteri Sekretaris Negara. Jadi semua sudah siap, panggungnya kayak apa, tendanya kayak apa supaya kelihatan istana dan kantor presiden, di mana tata urutannya insya Allah sudah siap," katanya pula.

Basuki juga menyampaikan bahwa pada Agustus nanti 12 tower rumah susun (rusun) ASN di IKN sudah fully furnished untuk ditempati para peserta upacara. Sedangkan rumah tapak jabatan menteri juga nanti sudah selesai, sehingga bisa ditempati. Kemudian istana presiden sudah selesai.

Terkait apakah Kepala OIKN periode 2022-2024 Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN periode 2022-2024 Dhony Rahajoe diundang dalam HUT Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024, Basuki menjawab bahwa keduanya diundang.

"Kemarin diundang," katanya pula.

Sebagai informasi, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan perayaan HUT Ke-79 RI di IKN pada 17 Agustus 2024 akan dibuat lebih istimewa dari perhelatan sebelumnya.

Persiapan lebih istimewa digelar karena HUT Ke-79 RI menjadi peringatan kemerdekaan pemungkas di masa jabatan Presiden Jokowi.
Baca juga: Jokowi optimistis bisa berkantor di IKN mulai Juli
Baca juga: Ekonom: Perayaan HUT RI di IKN momen kuat tarik investor

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024