Penembakan oleh KKB ini terjadi di Jalan Seradala Kilometer 2 Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan
Timika (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 merespons cepat aksi penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap XVI Yahukimo di Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno melalui keterangan tertulis di Timika, Jumat, mengatakan bahwa KKB melakukan aksi penembakan pada Kamis, 6 Juni 2024, pukul 18.20 WIT.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz ungkap pemasok senjata api di Jayapura

"Penembakan oleh KKB ini terjadi di Jalan Seradala Kilometer 2 Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan," katanya.

Menurut Bayu, penyerangan oleh KKB Kodap XVI Yahukimo ini, mengakibatkan satu anggota Kodim 1715/Yahukimo mengalami luka tembakan.

"Satu anggota Kodim 1715/Yahukimo atas nama Pratu Rajami Uhio mengalami luka tembakan pada paha sebelah kiri," ujarnya.

Dia menjelaskan, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 wilayah Yahukimo mendapatkan informasi melalui radio HT Polres Yahukimo bahwa telah terdengar suara tembakan.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz tangkap penjual senjata api ke KKB di Jayapura

"Tembakan tersebut merupakan aksi yang dilakukan oleh KKB Kodap XVI Yahukimo dari arah Jalan Seradala tepatnya di Jembatan Kilometer 2 Dekai, yang melukai Pratu Rajami Uhio," katanya lagi.

Dia menambahkan, setelah mendapat laporan tersebut tim Satgas Operasi Damai Cartenz 2924 langsung merespon menuju tempat kejadian perkara (TKP).

"Saat ini korban Pratu Rajami Uhio telah berada di Rumah Sakit Dekai Yahukimo untuk mendapatkan perawatan medis, Satgas Operasi Damai Cartenz akan melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap KKB," ujarnya lagi.

Baca juga: Bamsoet minta Polri kejar KKB pelaku penembak warga Puncak Jaya

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024