Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (6/6) kemarin menjadi sorotan, mulai dari KPK memanggil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk hadir sebagai saksi dalam kasus dugaan suap yang melibatkan Harun Masiku hingga Kejaksaan Agung menembak jatuh drone yang terbang berkeliaran di gedung Korps Adhyaksa itu.

Berikut rangkuman berita hukum yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. KPK panggil Hasto Kristiyanto sebagai saksi perkara Harun Masiku

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melayangkan surat pemanggilan kepada Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 dengan tersangka Harun Masiku (HM).

"Tim penyidik KPK menjadwalkan pemanggilan Pak Hasto Kristiyanto, kemarin juga ada pertanyaan itu dari teman-teman, untuk hadir hari Senin, 10 Juni 2024 sekitar pukul 10.00 WIB di dalam surat panggilannya dan tentu sudah dikirim," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.


2. 20 angkutan umum dan travel gelap di Jatiwaringin ditertibkan

Petugas gabungan menertibkan 20 angkutan umum dan travel gelap yang "mangkal" di terminal bayangan di Jalan Raya Jatiwaringin, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Rabu malam.

Petugas gabungan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur bersama Satlantas Polres Metro Jaktim dan TNI dari tim lintas jaya Jakarta Timur mulai melakukan penertiban sekitar pukul 23.00 WIB.

Petugas Sudin Perhubungan dan Satlantas Polres Metro Jaktim memeriksa satu persatu surat-surat kendaraan Elf dan mobil pribadi yang digunakan sebagai angkutan.

Selengkapnya klik di sini.

3. Kejagung tembak jatuh drone terbang ilegal di konstruksi Jampidsus

Tim Keamanan Dalam (Kamdal) Kejaksaan Agung menembak jatuh drone atau pesawat nirawak yang terbang secara liar di sekitar area lapangan upacara dan dekat konstruksi pembangunan Gedung Bundar Jampidsus.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana, di Jakarta, Kamis, mengatakan drone tersebut terkonfirmasi milik komunitas penerbang drone yang dikendalikan dari area sekitar Taman Literasi Blok M atau persisi di depan Gedung Utama Kejaksaan Agung.

"Jadi tidak benar dorne tersebut melintas untuk memata-matai dan dikendalikan oleh pihak atau instansi manapun yang berkepentingan," kata Ketut.

Selengkapnya klik di sini.


4. AS SDM Polri targetkan nihil kecelakaan pada rekrutmen 2024


Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo menargetkan pada rekrutmen Polri tahun anggaran 2024 nihil kecelakaan (zero accident), agar personel yang direkrut benar-benar personel unggul dan presisi.

"Tidak hanya di rekrutmen tapi di pendidikan pembentukan (diktu), pendidikan pengembangan (dikbang) dan latihan kepolisian lainnya," kata Dedi dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.


5. Kejagung sita aset Surya Darmadi di kawasan Jaksel

Tim Direktorat Penyidikan bersama Tim Satgas Direktorat Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi, dan Eksaminasi (UHLBEE) Kejaksaan Agung menyita aset milik terpidana korupsi Duta Palma Group Surya Darmadi di kawasan Jakarta Selatan.

"Penyitaan atas perkara yang sudah inkrah," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024