Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat merapikan dan meningkatkan kebersihan sarana umum menjelang Jakarta Internasional Marathon (JAKIM) 2024 yang digelar pada Minggu (23/6) mendatang.
 
"Sebagai tuan rumah, kita harapkan pada saat pelaksanaan seluruh jalur yang dilintasi kegiatan sudah dalam keadaan rapi dan bersih," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma di Jakarta, Jumat.
 
Dhany menyebutkan, kegiatan ini serentak dilaksanakan di lima wilayah kecamatan yang masuk rute lintasan lomba maraton tersebut. Khusus untuk kawasan Monas kegiatan pembersihan melibatkan lebih dari 400 petugas gabungan.

Mereka berasal dari unsur Suku Dinas (Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Kehutanan, Lingkungan Hidup (LH), Perhubungan, Satpol PP serta Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).

Baca juga: Jakpus bersih-bersih jelang "Jakarta International Maraton 2024"
 
Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Gambir, Menteng, Kemayoran, Sawah Besar dan Kecamatan Tanah Abang.
 
Lokasi yang dibenahi, yaitu sekitaran Merdeka Barat, Selatan, Timur, Pejambon, Kawasan Borobudur, Gunung Sahari, Pasar Baru, Lapangan Banteng, Jalan Veteran, Sudirman, Bundaran HI hingga Kuningan.
 
Dhany berharap, maraton ini dapat menjadi kegiatan wajib dari kalender para pelari dan juga dapat menyaingi gelaran maraton yang sebelumnya sudah terealisasi dengan baik di Pulau Bali.
 
Selain itu, Dhany mengatakan bahwa kegiatan internasional seperti ini akan meningkatkan pariwisata bagi DKI Jakarta.
 
"Gelaran ini sebagai salah satu usaha peningkatan pariwisata di Jakarta. Makanya kita ingin membuat lingkungan kota yang lebih kondusif, aman, nyaman dan indah," ujar Dhany.

Baca juga: Pemprov DKI dan BTN gelar lari maraton Juni tahun ini
 
Wakil Camat Tanah Abang, Dwiarti Indriani Utami mengatakan, kegiatan di wilayahnya ini melibatkan sebanyak 150 personel gabungan. Tidak hanya terkait JAKIM 2024, kegiatan ini juga dalam rangka menyambut HUT Ke-497 Jakarta.
 
"Tidak hanya hari ini, kegiatan akan lanjut sepekan ini. Kita akan lakukan pengecatan trotoar sekaligus pembersihan area taman serta saluran dan tali-tali air," kata Dwi.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar JAKIM 2024. Perhelatan ini selain untuk memeriahkan HUT Jakarta juga untuk terus meningkatkan Kota Jakarta sebagai kota "sport tourism".
Baca juga: PB PASI apresiasi antusiasme peserta Jakarta Maraton 2023

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024