Jakarta (ANTARA) - Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Rumadi Ahmad menyatakan Kota Bitung, Sulawesi Utara(Sulut) siap menjadi tuan rumah acara tahunan promosi tentang penegakan HAM, yakni Festival HAM 2024 yang digelar pada 29-31 Juli 2024.

"Pemerintah Provinsi Sulut dan khususnya Pemkot Bitung siap menjadi tuan rumah Festival HAM 2024 dan mendukung penuh kegiatan ini," kata Rumadi dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Jumat.

Untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan Festival HAM 2024, Kantor Staf Presiden bersama perwakilan dari Komnas HAM dan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) telah melakukan audensi dengan Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kota Bitung.

Pada pertemuan tersebut, Rumadi mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulut menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh gelaran Festival HAM di kota Bitung.

Komitmen itu dilakukan dengan promosi Festival HAM 2024, serta melibatkan anak-anak muda dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulut.

Rumadi menjelaskan bahwa Kota Bitung dipilih karena telah memenuhi berbagai aspek, mulai dari keamanan, toleransi, dan kerukunan umat beragama.

Ia berharap pelaksanaan Festival HAM 2024 lebih difokuskan pada partisipasi masyarakat setempat.

Selain itu, istilah dan nilai-nilai HAM harus bisa dipahami dengan ringan dan riang oleh masyarakat Bitung, bahkan masyarakat di kawasan Indonesia Timur.

"Kami berharap Festival HAM tahun ini bisa memberi sumbangsih bagi penegakan HAM di Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, Festival HAM merupakan acara tahunan untuk mempromosikan dan menyebarkan wawasan tentang penegakan dan pemajuan HAM di Indonesia.

Tahun ini, acara yang diinisiasi oleh International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) digelar di kota Bitung, Sulawesi Utara dengan tema "Memajukan Demokrasi, Pemenuhan HAM, dan Penguatan Partisipasi Masyarakat dari Tanggung Jawab Negara, dari daerah hingga Nasional”.

Tema tersebut, kata Rumadi, menekankan pentingnya peran Negara dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kemajuan HAM di Indonesia.
Baca juga: Singkawang jadi tuan rumah Festival HAM 2023
Baca juga: Komnas HAM hingga KSP kerja sama selenggarakan Festival HAM 2024
Baca juga: Festival MIWF 2024 komitmen junjung HAM, antikorupsi, dan kesetaraan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024