Jakarta (ANTARA) - PLN Icon Plus bersama PLN melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) sentra telekomunikasi, listrik pintar, dan digital PLN Hub di Ibu Kota Nusantara.

Pembangunan PLN Hub merupakan bentuk komitmen dan kesiapan dalam rangka mendukung ekosistem transisi energi dan digitalisasi IKN.

“PLN Icon Plus sebagai subholding beyond kwH dari PT PLN (Persero) memiliki peran penting untuk mendukung infrastruktur telekomunikasi yang andal di IKN guna menunjang keandalan sistem ketenagalistrikan yang mutakhir dan modern dari PLN,” kata Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Peletakan batu pertama PLN Hub dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Jokowi dalam kesempatan itu mengatakan sangat menghargai dibangunnya PLN Hub. Dia meyakini PLN Hub dapat mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN.

Senada, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyatakan PLN Hub ditujukan untuk menjadi episentrum riset dan pengembangan serta kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia.

Kehadiran PLN Hub diharapkan dapat mendukung terwujudnya ekosistem ‘Smart, Green, & Beautiful’ di IKN. Upaya ini diharapkan tidak hanya mendukung keberlanjutan lingkungan, tetapi juga mendorong inovasi di sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Indonesia.

Di samping pembangunan PLN Hub, PLN Icon Plus juga memperkenalkan berbagai inisiatif ramah lingkungan lainnya serta berkomitmen untuk menyediakan layanan di IKN yang terintegrasi, seperti internet, ekosistem kendaraan listrik (EV), internet of things (IoT), serta rumah pintar (smart home) yang dirancang untuk mendukung pembangunan keberlanjutan di IKN.

Baca juga: PLN Icon Plus targetkan lebih 100 ribu pelanggan ICONNET di Bali Nusra

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024