Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, menggelar Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) ke warga setempat untuk memberikan layanan kesehatan dasar kepada mereka.

“Hari ini total yang mendaftar layanan ada sekitar 50 orang dan mereka terdiri dari 12 orang lansia, dan 38 orang berumur 15 hingga 59 tahun," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Nur Rahmat di Jakarta, Jumat.

Puluhan warga di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mengikuti pelayanan Posyandu Usia Produktif dan Lansia di Puskesmas Pulau Kelapa, Jumat.

Ia mengatakan posyandu merupakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat, yang memberikan berbagai layanan kesehatan dasar secara terpadu dan menyeluruh.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu minta kader posyandu tingkatkan layanan
Baca juga: Satpol PP Kepulauan Seribu imbau warga tetap terapkan 5M


Menurut dia layanan pemeriksaan yang diberikan kepada masyarakat setempat meliputi pemeriksaan tinggi badan, kemudian berat badan, tensi darah, pengukuran lingkar perut, cek gula darah dan lainnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk pencegahan dan penemuan dini faktor risiko penyakit tidak menular," kata dia.

Sementara itu, Lurah Pulau Kelapa Muslim mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih untuk petugas kesehatan dalam memberikan layanan pemeriksaan kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini warga Pulau Kelapa kesehatannya dapat terkontrol dengan baik sehingga deteksi penyakit bisa segera dicegah sejak dini," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024