Jakarta (ANTARA) - Pakar komunikasi politik Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menilai langkah Partai NasDem pada Pilkada Jawa Barat merupakan hal yang mengejutkan.

Kunto menyampaikan pernyataan tersebut ketika menanggapi pemberian surat rekomendasi oleh NasDem kepada putra presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie, sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Pilkada Jabar.

"Cukup mengejutkan juga sehingga dari segi komunikasi politik langkah NasDem ini sangat strategis untuk pilkada di Jawa Barat," kata Kunto saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Jumat.

Selain itu, dia menyebut langkah NasDem tersebut sebagai upaya membangun momentum seperti pada Pilpres 2024.

"NasDem ini 'kan kemarin Anies Baswedan, dia pertama yang kemudian mengusungnya. Nah, momentum itu dipakai lagi oleh NasDem di Jawa Barat ini. Kebetulan ada tokoh yang memang pantas atau layak untuk dicalonkan, dan selama ini ada di luar radar," ujarnya.

Sementara itu, dia mengatakan bahwa kehadiran Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang secara langsung memberikan surat rekomendasi untuk Ilham Habibie dapat diartikan sebagai tingginya harapan memenangi Pilkada Jabar.

"Menurut saya, tidak hanya soal Jawa Barat, tetapi karena ada Ilham Habibie yang Surya Paloh tentu berharap banyak akan memenangi pilkada dengan citra atau dengan track record (rekam jejak, red.) Ilham, terutama di bidang ilmu pengetahuan dan manajerial," jelasnya.

Walaupun demikian, dia menuturkan bahwa NasDem tetap membutuhkan koalisi atau tidak bisa maju sendirian pada Pilkada Jabar.

"Tidak ada satu partai pun di Jawa Barat yang bisa maju sendirian sehingga mau tidak mau langkah Surya Paloh di NasDem dengan memberikan rekomendasi kepada Ilham Habibie itu memberikan daya tarik untuk partai-partai lain bisa bergabung dengan koalisi yang akan dimotori oleh NasDem," katanya.

Sebelumnya, NasDem melalui Surya Paloh memberikan surat rekomendasi untuk Ilham Habibie di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6).

"Kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya bahwa kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas Ilham Habibie cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat," katanya di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6).

Pada kesempatan yang sama, Ilham mengatakan bahwa Jawa Barat seperti ujung tombak Indonesia Emas 2045 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, dia menyebut Jawa Barat memiliki potensi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui penguatan industri.

"Selain dari industri, kita juga punya universitas yang sangat-sangat baik. Tidak perlu saya sebut satu-satu, banyak sekali, dan kita juga punya masyarakat yang kreatif, dan kita punya pertanian, juga punya perkebunan, juga punya perikanan, juga pariwisata pun kita punya," ucapnya.

Ia menambahkan, "Jadi, yang namanya Jawa Barat ini adalah satu provinsi yang lengkap dengan semuanya, dan menurut saya, kita harus berjuang untuk kemajuannya."

Baca juga: NasDem yakin Ilham Habibie mumpuni untuk memimpin Jawa Barat
Baca juga: Wakil Ketua DPRD NTB kantongi rekomendasi Gerindra dan NasDem

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024