Jakarta (ANTARA) - Bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan siap bekerja keras bersama bakal calon wakil gubernur Emil Elestianto Dardak pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2024 setelah resmi mendapat dukungan dari Partai Gerindra.

"Mudah-mudahan seiring dengan perintah Allah, kami bisa memenangkan proses Pilgub Jawa Timur tahun 2024," kata Khofifah dalam konferensi pers di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jakarta, Jumat.

Khofifah berterima kasih atas mandat Gerindra yang memercayakan kepada dirinya kembali maju bersama Emil Dardak menjadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim periode 2024–2029.

Dia mengatakan pendaftaran pasangan calon Pilkada 2024 akan berlangsung pada 24–26 Agustus 2024. Setelah itu, barulah pada 27 November 2024 dilakukan pemungutan suara serentak.

Baca juga: Partai Gerindra resmi usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024
Baca juga: Prabowo terima kehadiran Khofifah-Emil di kediamannya


Dengan adanya dukungan dari Partai Gerindra maka pasangan Khofifah-Emil sudah mengantongi rekomendasi dari enam partai politik. Sebelumnya, Gubernur-Wagub Jatim periode 2019–2024 itu mendapat rekomendasi dari Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Kendati demikian, Khofifah menegaskan tidak akan membedakan partai pengusung maupun yang bukan karena percepatan pembangunan di Jawa Timur lebih penting.

"Kami beriringan untuk membangun Jawa Timur dan karena itu insyaallah hari ini Jawa Timur sudah menjadi provinsi terdepan di antara seluruh provinsi di Indonesia," ucap dia.

Baca juga: Perindo dukung Khofifah-Emil Dardak maju Pilkada Jatim 2024
Baca juga: PSI resmi usung Khofifah-Emil untuk Pilkada Jatim


Khofifah mengklaim kemajuan Jawa Timur terlihat dari banyaknya capaian, mulai dari sektor pertanian, pendidikan, hingga industri manufaktur. Saat ini, industri manufaktur Jawa Timur telah tumbuh sebesar 35 persen.

Maka dari itu, dalam posisi saat ini, Khofifah merasa sebagai pihak yang mengorkestrasi seluruh elemen strategis di Jawa Timur bersama Emil, termasuk semua partai politik.

"Tentu ke depan, jika kebersamaan ini bisa terus kami jaga maka proses yang lebih akselerasi lagi, lebih cepat lagi, dan lebih hebat lagi, insyaallah bisa kami capai, dengan seluruh elemen strategis di Jawa Timur," ujar Khofifah menambahkan.

Baca juga: PAN serahkan SK rekomendasi kepada Khofifah-Emil untuk Pilkada Jatim
Baca juga: PPP Jatim menyerahkan rekomendasi Pilkada 2024 ke Khofifah-Emil
Baca juga: Partai Golkar resmi usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024