Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI) menilai kompetisi lari, baik half marathon maupun full marathon yang banyak digelar belakangan ini dapat menjadi ajang untuk mengembangkan potensi bibit-bibit pelari muda.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemassalan PB PASI Satyo Haryo Wibisono terkait kompetisi half marathon Smartfren Run 2024 yang akan digelar di Parkir Timur Senayan Jakarta, 7 Juli.

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi Smartfren Run 2024. Penyelenggaraan acara ini juga telah dijaga selaras dengan standar penyelenggaraan kompetisi lari yang baik. Kami yakin acara ini dapat memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat, sekaligus sebagai ajang mengembangkan potensi bibit-bibit pelari muda Indonesia," kata Satyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kompetisi half marathon dipilih Smartfren dengan melihat tren olahraga lari di masyarakat. Tidak hanya itu, olahraga lari juga mudah dijangkau oleh semua orang, mulai dari kalangan anak muda Gen-Z hingga mereka yang sudah lanjut usia.

Hal itu sejalan dengan filosofi bisnis Smartfren, yaitu Panca Garda. Melalui acara tersebut, perusahaan berharap dapat mendukung terwujudnya gaya hidup sehat untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Smartfren ingin menjadi Garda Persatuan bagi masyarakat dengan mewujudkan kegiatan yang menyatukan perbedaan. Smartfren juga ingin menjadi Garda Stabilitas dan Garda Pertumbuhan masyarakat dengan memberikan wadah bagi mereka untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat positif serta mendukung kesehatan dan produktivitas," ujar President Director Smartfren Merza Fachys.

Kompetisi tersebut akan menjadikan Parkir Timur Senayan sebagai titik start dan finis dengan jalur lomba yang melintasi area utama ibukota, seperti Jalan Jenderal Sudirman, Semanggi, Gatot Soebroto, dan M.H. Thamrin.

Baca juga: Kemala Run 2024 diharapkan jadi ajang menggalakkan lari di Polri

Kompetisi terbuka untuk umum dengan pilihan kategori Half Marathon dengan jarak 21,097K sebagai kategori tertinggi, serta kategori 10K dan 5K.

Hal menarik lainnya adalah kehadiran running doctors yang mendampingi para peserta kompetisi. Para dokter ini akan berlari dengan konsep run-observe-handle, serta berkoordinasi dengan tim medis untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pelari.

Rute atau racecourse Smartfren Run 2024 telah mendapatkan sertifikasi dari PB PASI. Hal itu berarti kompetisi telah diakui secara resmi sehingga seluruh pelari yang mengikuti acara memiliki kesempatan untuk mencatatkan rekor lari terbaiknya di tingkat nasional.

Smartfren Run 2024 akan diikuti oleh 3.000 pelari yang telah mendaftarkan diri pada tanggal 7 Mei dan ditutup sepekan kemudian karena kuota telah terserap.

Selain menjadi ajang olahraga, Smartfren Run 2024 juga menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik yang berpusat di Parkir Timur Senayan. Pengunjung bisa menikmati sajian dari UMKM anggota Smartfren Community, makanan dan minuman, talkshow, hingga pertunjukan musik.

Baca juga: Kemala Run 2024 wujud kepedulian olahraga nasional
Baca juga: Tim atletik Indonesia ukir prestasi pada kompetisi di China

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024