Jakarta (ANTARA) - Raksasa teknologi Apple dilaporkan bakal memperkenalkan fitur-fitur kecerdasan artifisial yang dikumpulkan dalam payung Apple Intelligence dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Senin (10/6).

GSM Arena pada Jumat (7/6) mengutip laporan Mark Gurman untuk Bloomberg tentang pengenalan Apple Intelligence serta detail fitur-fitur iOS 18 yang memanfaatkan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI).

Laporan itu menyebutkan bahwa Apple fokus pada produktivitas dan bantuan tugas sehari-hari sehingga AI akan dimasukkan ke dalam banyak aplikasi Apple.

Misalnya, AI dapat membuat ringkasan halaman web di Safari atau menawarkan balasan dalam Pesan dan Surat. Dalam hal ini, Pesan akan menawarkan ringkasan notifikasi dan Surat memanfaatkan AI untuk menyortir surel dan membuat kotak masuk lebih rapi.

Sementara itu, aplikasi Foto nantinya akan mencakup alat pengeditan lanjut, termasuk alat "Smart Eraser" versi Apple.

Baca juga: Apple dilaporkan akan tingkatkan kemampuan Siri gunakan AI
Baca juga: Fitur emoji AI dan kustomisasi aplikasi dikabarkan hadir di iOS 18


Di samping itu, diperkirakan ada peningkatan besar kompilasi kode pada Siri dan Xcode, yang mungkin diluncurkan bagi publik tahun depan.

Tak cuma untuk pekerjaan serius, AI generatif juga dirancang untuk membuat emoji secara cepat berdasarkan ketikan pengguna.

Pengguna nantinya dapat menggunakan emoji yang berada di luar daftar emoji yang umumnya disediakan oleh pengembang aplikasi saat ini.

Apple dilaporkan akan mengandalkan komputasi pada perangkat dan cloud untuk beberapa fitur AI. Laporan Gurman juga mengonfirmasi keterlibatan OpenAI di beberapa alat AI iOS 18.

Baca juga: Apple mungkin hadirkan transkripsi AI untuk Voice Memos dan Notes
Baca juga: Apple masuki tren AI, luncurkan chip M4 berkinerja cepat dan kuat

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024