Jakarta (ANTARA) - Atlet golf putri Indonesia Gemilau Joanne Kurnia berhasil menyabet juara kategori putri kelas A pada kejuaraan golf internasional Singapore Junior Golf Championship 2024.

"Gemilau sukses menyudahi turnamen dengan meraih catatan poin total 222 pukulan atau enam di atas par," ujar Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) Adi Saksono saat dihubungi melalui saluran telepon di Jakarta, Sabtu.

Gemilau melewati laga awal turnamen dengan finis di peringkat lima dengan skor 3 di atas par atau 75 pukulan.

Atlet binaan Pengurus Provinsi PGI Banten kembali membenahi performa pada laga selanjutnya hingga berhasil merebut posisi puncak yang pada awal laga dikuasai pegolf Troy Storm.

Dengan koleksi tersebut, peraih juara Kejurnas Junior Golf 2024 ini mengungguli beberapa pegolf ternama lainnya seperti Pojanalai Sarisa (Thailand), Siti Nur Husna (Malaysia), serta Chloe Ng (Singapura).

Turnamen golf yang berlangsung di Keppel Club, Singapura, selama 5-7 Juni itu diikuti dua pegolf dari Indonesia yaitu Gemilau dan pegolf junior putra Jordan Indra Marcello.

Mereka bertanding melawan pegolf andalan dari berbagai negara Thailand, India, China, Vietnam, Filipina, Myanmar, Jepang, Korea Selatan, Australi, Jerman, Amerika Serikat, serta Singapura sebagai tuan rumah.

Adi mengatakan, PB PGI merasa sangat bangga atas prestasi gemilang yang diraih Gemilau dalam ajang kejuaraan bergengsi tingkat mancanegara.

Prestasi Gemilau menambah daftar prestasi Indonesia dalam ajang Singapore Junior Golf Championship. Sebelumnya, dalam kejuaraan yang digelar pada 2023 lalu, pegolf Indonesia Kenneth Henson Sutianso juga berhasil meraih juara divisi B dengan total 217 pukulan.

Adi menambahkan, tersebut, prestasi itu menunjukkan kemampuan atlet golf Indonesia semakin berkembang pesat yang didukung dengan upaya pembinaan melalaui kejuaraan di dalam negeri maupun pengiriman atlet untuk tampil di luar negeri.

"Selamat atas prestasi mentereng Gemilau. Mari bersama terus berjuang untuk mewujudkan prestasi golf Indonesia ke tingkat yang lebih mendunia," pungkasnya.


Baca juga: PGI: Asosiasi golf bersama Indonesia-China akan pacu prestasi golf

Baca juga: Pegolf Elaine amankan satu tiket ke Singapore Ladies Masters 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024