Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana mengajak kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada Sabtu, untuk menikmati keberagaman budaya Indonesia.

Dalam suasana yang santai, Presiden, Ibu Iriana, dan kedua cucunya yang adalah anak dari putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, tiba sekitar pukul 13.40 WIB dan langsung menaiki angling menyusuri Danau Miniatur Arsipelago Indonesia.

Sepanjang perjalanan, rombongan Presiden Jokowi dan keluarga disuguhi beragam koleksi bangunan rumah adat yang termasuk dalam area anjungan daerah, demikian keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

“Tadi, sih, dengan Bapak (Presiden) kita menceritakan bahwa di sini dari 38 provinsi kami punya 33 anjungan daerah, kemudian kita punya 17 museum dan 17 wahana rekreasi. Selama perjalanan saya menjelaskan satu per satu yang dilalui oleh Bapak Jokowi baik itu anjungan dan wahana,” kata Indah, pemandu wisata TMII yang mendampingi Presiden dan keluarga.

Baca juga: Jokowi dan Kaesang hadir di GBK saksikan laga Timnas Indonesia vs Irak

Presiden Joko Widodo mengajak keluarga berwisata di TMII, Jakarta, Sabtu (8/6/2024). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Selain area anjungan daerah, Presiden dan para cucu juga tertarik untuk mengunjungi taman burung khususnya di area taman Wallacea Sahul dan amfiteater Maleo.

Ekspresi ceria dan penuh senyuman terlukis di wajah kedua cucu Presiden saat bertemu dengan beragam spesies burung yang dimiliki oleh TMII.

“Taman burung sendiri kita totalnya ada 218 spesies dengan lebih dari 2.000 ekor. Dan tadi Bapak juga sangat mengagumi sekali dengan birdshow-nya ada burung elang dan juga yang lainnya,” kata Indah.

Usai dari taman burung, Presiden Jokowi beserta keluarga kemudian menaiki kereta gantung untuk menikmati keindahan budaya Indonesia dari ketinggian.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo gelar pertemuan internal bahas diplomasi keamanan

Dari atas, jajaran miniatur rumah adat dan Danau Miniatur Arsipelago Indonesia dapat terlihat secara lebih luas.

Tidak hanya Presiden Jokowi dan keluarga, wisata edukasi yang ditawarkan oleh TMII juga dirasakan manfaatnya oleh para siswa SDN Jatinegara 05 Pagi.

Satya, pendamping siswa dalam wisata ini, merasa senang karena wajah baru TMII lebih tertata dan banyak ilmu yang bisa didapatkan oleh anak-anak.

“Kalau saya lihat yang dulu dengan yang sekarang sudah lebih baik, lebih tertata. Alhamdulillah anak-anak juga senang, banyak ilmu yang bisa didapat gitu. Semoga Taman Mini Indonesia Indah lebih baik lagi, bisa bertahan, bisa lebih banyak lagi bervariatif dan kreasi banget,” kata Satya.

Baca juga: Dini Purwono: Permintaan SYL untuk Jokowi jadi saksi tidak relevan

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024