Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengunjungi Pasar Mardika, Ambon, Maluku, Kamis, untuk memantau perkembangan harga dan pasokan bahan pangan pokok.

"Harga dan pasokan bahan pangan pokok di kota Ambon pada umumnya relatif stabil dan aman. Pemerintah akan terus berupaya agar harga dan pasokan bahan pangan pokok tetap stabil dan mencukupi," kata Mendag, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Perdagangan yang diterima ANTARA News, Kamis.

Hasil pantauan di Pasar Mardika menunjukkan harga bahan pangan seperti beras, gula pasir, minyak goreng curah, tepung terigu, kedelai, daging sapi, daging ayam broiler, telur ayam ras, cabe rawit merah, bawang merah, dan bawang putih, relatif stabil dalam beberapa hari terakhir.

"Hal yang perlu diantipasi adalah musim penghujan yang diperkirakan masih akan berlangsung, serta dampaknya bagi produksi beberapa komoditas dan terhadap kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok," ujar Mendag.

Di sela kunjungannya, Mendag mengimbau agar masyarakat aktif menginformasikan kepada pemerintah jika terjadi kekurangan bahan pangan pokok di daerahnya. Sehingga, pemerintah pusat dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan para pelaku usaha untuk segera memenuhi kekurangan tersebut.

"Pemerintah dan pemerintah daerah akan terus bekerja sama melakukan koordinasi dan langkah-langkah untuk menjaga kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi," kata Mendag.

Pada kunjungan kali ini, Mendag juga menjelaskan perkembangan harga rata-rata bahan pangan pokok di tingkat nasional.

Sejumlah komoditas per 15 Januari mengalami penurunan harga dibandingkan 13 Januari, jelas Mendag, yakni bawang merah menjadi Rp 29.356/kg, cabe rawit merah Rp 37.957/kg, daging sapi Rp 97.605/kg, daging ayam broiler Rp 30.129/kg, beras medium Rp 8.757/kg, kedelai Rp 10.894/kg, dan bawang putih menjadi Rp 14.521/kg.

Sementara, komoditas yang mengalami kenaikan harga yakni cabe merah besar menjadi Rp 32.211/kg, cabe merah keriting Rp 33.646/kg, minyak goreng curah Rp 11.157/kg, gula pasir Rp 11.789/kg, dan telur ayam ras menjadi Rp 20.237/kg.

Pasar Mardika merupakan pasar terbesar yang terletak di kawasan pantai Mardika dan berada di pusat kota Ambon. Saat ini Pasar Mardika ditempati 811 pedagang, dengan jumlah kios sebanyak 501 buah yang masing-masing kios berukuran 2x2,5 meter.


Pewarta: Desy Saputra
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014