Jakarta (ANTARA) - Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) tak hanya masif dalam sektor informasi dan komunikasi, tetapi juga mulai merambah ke bidang kesehatan.

Berita tentang kecerdasan buatan yang diproyeksikan dapat meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia menyita banyak perhatian publik di kanal humaniora antaranews.com dalam sepekan terakhir pada 2-8 Juni 2024.

Selain itu, tiga langkah mitigasi Gunung Marapi di Sumatera Barat untuk mengantisipasi banjir lahar dingin juga ramai dibaca sebagai informasi penting dalam menghadapi bencana geologi.
 
Berikut berita-berita humaniora terpopuler selama sepekan:
 
 
Menkes: AI bakal bawa perubahan signifikan layanan kesehatan RI
 
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meyakini perkembangan teknologi AI Generatif atau kecerdasan buatan di bidang kesehatan akan membawa perubahan signifikan bagi peningkatan layanan kesehatan di Indonesia.

“Saya percaya bahwa saat ini teknologi terus berkembang, yang pada akhirnya juga akan mengubah humanity,” kata Menkes Budi dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

Awan abu membumbung setinggi lima kilometer dari erupsi Gunung Ibu
 
Awan abu vulkanik setinggi lebih kurang lima kilometer terbentuk akibat peristiwa erupsi Gunung Ibu yang berlokasi di Pulau Halmahera, Maluku Utara.
 
Petugas Pos Pengamatan Ibu, Richard Chaniago, mengatakan letusan yang terjadi pagi ini pukul 05.36 WIT memiliki amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi 148 detik.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

Presiden tekankan fasilitas pendidikan sangat diperlukan di IKN
 
Presiden Joko Widodo menekankan fasilitas pendidikan sangat diperlukan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, ke depan.
 
Hal itu disampaikan Kepala Negara dalam sambutannya pada acara peletakan batu pertama Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa..
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Murur, skema baru demi jaga keselamatan jamaah Indonesia
 
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan menerapkan mabit di Muzdalifah dengan skema murur pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.
 
Skema ini diterapkan sebagai ikhtiar menjaga keselamatan jiwa jamaah calon haji Indonesia atas potensi kepadatan di tengah terbatasnya area Muzdalifah.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

Ahli geologi sarankan tiga langkah mitigasi di kawasan Gunung Marapi
 
Ahli geologi sekaligus Direktur Eksekutif Patahan Sumatra Institute (PSI) Ade Edward menyarankan tiga langkah mitigasi yang dapat dilakukan pemangku kepentingan untuk mengantisipasi ancaman banjir lahar dingin di kawasan Gunung Marapi, Sumatera Barat.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024