Jakarta (ANTARA) - Pembalap asal Jepang Yuki Tsunoda akan terus membalap untuk tim RB pada musim depan.

Dikutip dari laman resmi F1, Minggu, Tsunoda memperpanjang kontraknya bersama RB setelah tak mendapatkan tempat promosi ke tim senior Red Bull, menyusul diperpanjangnya kontrak Sergio Perez untuk dua musim berikutnya.

Setelah melakukan debutnya bersama tim tersebut pada tahun 2021, Tsunoda terus mengalami kemajuan dan pada musim ini ia telah menjadi pencetak poin reguler dalam lima dari delapan Grand Prix (GP) sejauh ini.

Catatan ini menempatkan Tsunoda di posisi 10 klasemen sementara dengan 19 poin, mengalahkan rekan setimnya di posisi 14 dengan 5 poin.

“Saya sangat senang bisa tetap menggunakan Visa Cash App RB dan merupakan perasaan yang baik karena masa depan saya telah ditentukan pada awal tahun ini,” kata Tsunoda.

“Untuk itu, saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Red Bull dan Honda yang telah memainkan peran penting dalam karier saya dan akan terus melakukannya," tambahnya.

“Tim mempunyai proyek pengembangan besar ke depan dan saya bersemangat untuk menjadi bagian darinya. Senang rasanya mengetahui bahwa semua orang mengapresiasi kerja keras yang telah saya lakukan dan tim yakin saya dapat membantu mereka naik lebih jauh di grid," tambahnya.

Dengan penampilan cukup apiknya musim ini, pembalap 24 tahun itu berupaya untuk meraih poin sebanyak-banyaknya di sisa balapan musim ini.

“Untuk saat ini, saya berkonsentrasi pada sisa balapan musim ini, dengan tujuan membawa pulang poin sebanyak mungkin, selalu berkembang bersama tim, meletakkan dasar untuk berbuat lebih baik lagi tahun depan," ucapnya.

Baca juga: George Russell ambil pole F1 GP Kanada

Sementara itu kepala tim RB Laurent Mekies mengatakan perpanjangan kontrak ini adalah juga berkat Tsunoda yang terus membuat kemajuan di Formula 1 (F1).

“Saya menyaksikan kemajuan Yuki di Formula 1 dengan penuh minat bahkan sebelum saya kembali ke Faenza dan itu sangat mengesankan, dari tahun ke tahun. Kemajuan yang ia capai tahun ini sungguh fenomenal, dan ia terus mengejutkan kita semua, balapan demi balapan," kata Mekies.

Terdekat, Tsunoda akan membalap di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Montreal, Kanada pada Senin (10/6) WIB untuk melampaui catatan finis tertingginya musim ini yang masih berada di posisi ketujuh GP Australia dan GP Miami.

Pada balapan dengan 70 lap itu, pembalap kelahiran Sagamihara, Jepang itu akan memulai balapan di posisi delapan.

Baca juga: Leclerc tak mengerti mengapa mobilnya lambat di kualifikasi GP Kanada

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024