Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA dalam sepekan terakhir, mulai dari pengunduran diri Kepala dan Wakil Otorita Ibu Kota Nusantara hingga disetujuinya Rancangan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) menjadi undang-undang.

Berikut sederet berita politik sepekan terakhir untuk kembali Anda simak.

1. Mensesneg umumkan pengunduran diri Kepala dan Wakil Otorita IKN

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/6).

"Beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Doni Dhony Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN. Kemudian beberapa waktu berikutnya Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai kepala otoritas IKN," kata Pratikno.

Baca selengkapnya di sini.


2. Prabowo sambut usulan Khofifah tampung 1.000 korban Gaza di pesantren

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambut usulan bakal calon gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa untuk menampung 1.000 korban yang rencananya dievakuasi dari Gaza, Palestina ke Indonesia di pesantren Jawa Timur.

Di pesantren tersebut, kata dia, nantinya para korban dari Gaza akan dididik dan dirawat, terutama para korban yang merupakan anak-anak serta perempuan yang mendapatkan trauma.

"Usulan ini akan saya laporkan ke Bapak Presiden," ucap Prabowo dalam konferensi pers di kediamannya, Jakarta, Jumat (7/6).

Baca selengkapnya di sini.


3. Partai Gerindra resmi usung Khofifah-Emil maju Pilgub Jatim 2024

Partai Gerindra secara resmi mengusung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak untuk maju sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

"Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung, mencalonkan, dan mendukung Ibu Khofifah dan Pak Emil Dardak sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur untuk periode 5 tahun yang akan datang dalam pemilihan bulan November ini," ujar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam konferensi pers di kediamannya, Jakarta, Jumat (7/6).

Baca selengkapnya di sini.


4. PDIP buka peluang gandeng PKB usung Anies jadi gubernur Jakarta

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan membuka peluang kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk bekerja sama dalam mendukung Anies Baswedan kembali menjadi Calon Gubernur Jakarta.

"Sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB, dalam hal ini Pak Anies Baswedan, dibicarakan dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDI Perjuangan," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6).

Baca selengkapnya di sini.


5. DPR RI setujui RUU KIA jadi undang-undang

Rapat Paripurna DPR RI Ke-19 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang kesejahteraan ibu dan anak (KIA) pada fase seribu hari pertama kehidupan menjadi undang-undang.

"Apakah Rancangan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan dapat disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang?" kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (4/6).

Pertanyaan itu dijawab setuju oleh seluruh anggota dan perwakilan fraksi yang hadir pada Rapat Paripurna DPR RI.

Baca selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024