Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyebut delegasi Indonesia berkontribusi luar biasa dalam Konferensi Perburuhan Internasional (International Labour Conference/ILC) ke-112 dan mendorong kolaborasi bersama mengimplementasikan ekosistem ketenagakerjaan berstandar internasional.

"Saya mengapresiasi semua delegasi Indonesia dalam forum ILC ini. Saya dengar delegasi Indonesia menjadi contoh negara lain dalam keikutsertaan dalam ILC ini sebagai delegasi yang kompak. Semoga kekompakan kita bisa terus dibawa sampai Indonesia," ujar Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Menaker sampaikan pentingnya dialog sosial produktif di ILC Swiss

Berbicara dalam jamuan bersama delegasi Indonesia untuk ILC ke-112 di Jenewa, Swiss pada Sabtu (8/6), Menaker menyampaikan apresiasi kepada delegasi tripartit yang terdiri atasi perwakilan pekerja, pengusaha dan pemerintah.

Dia meminta kepada semua pihak untuk terus memperkuat dialog sosial dalam menghadapi tantangan global, seperti teknologi kecerdasan buatan, ekonomi hijau, dan ekonomi platform.

"Kita perlu memastikan juga ekosistem ketenagakerjaan nasional selaras dengan prinsip kerja layak dan standar internasional," katanya.

Tidak hanya itu, sesuai dengan tema ILC pada tahun ini, yaitu "Menuju Kontrak Sosial yang Diperbarui", dia mengharapkan semua delegasi Indonesia untuk aktif dalam diskusi dan pembahasan serta membangun jejaring dengan International Labour Organization (ILO) dan negara anggota lainnya.

Hal itu diperlukan untuk menyikapi isu penting lain yang dibahas dalam ILC meliputi ekonomi perawatan dan pelindungan terhadap bahaya biologis.

Menaker Ida menegaskan bahwa hasil diskusi ILC akan berdampak signifikan terhadap dunia ketenagakerjaan di Indonesia.

Baca juga: Menaker nyatakan komitmen RI dukung pelindungan pekerja pada ILC Swiss

Baca juga: Menaker Ida nilai ILC bawa dampak positif bagi Indonesia


"Kita harus siap mengimplementasikan hasil-hasil ILC agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi tenaga kerja dan pengusaha di Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menaker Ida berharap partisipasi delegasi Indonesia dalam ILC tahun ini dapat memperkuat ekosistem ketenagakerjaan nasional, mewujudkan kerja layak, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024