Prabowo diharapkan dapat membawa suara Indonesia dengan tegas dan berpengaruh dalam forum internasional tentang Palestina
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono berharap Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto dapat menyuarakan isu Palestina di forum internasional.

"Prabowo diharapkan dapat membawa suara Indonesia dengan tegas dan berpengaruh dalam forum internasional tentang Palestina," katanya dihubungi di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, saat ini yang menjadi tantangan diplomatik Prabowo adalah mengkomunikasikan posisi Indonesia secara efektif, dan mencari dukungan internasional untuk solusi damai di Gaza.

Hal itu disampaikan Dave, saat dimintai tanggapan terkait adanya sejumlah instruksi dari Presiden Jokowi kepada Prabowo Subianto, terkait persoalan di Gaza, Palestina.

Salah satu instruksi itu, yakni meminta Prabowo untuk mengambil bagian pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Jordania untuk masalah Gaza.

Baca juga: Sedikitnya 210 warga Palestina tewas akibat serangan udara Israel

Baca juga: Menlu Retno: Negara anggota D-8 harus bersatu bantu Palestina

Baca juga: Israel bunuh 70 warga Palestina, jumlah korban jiwa jadi 36.801


"Itu mencerminkan langkah strategis dalam diplomasi Indonesia, memperkuat posisi negara dalam isu-isu internasional, serta menunjukkan sinergi dalam pemerintahan di tengah tantangan politik dan diplomasi global," jelasnya.

Dia menegaskan Komisi I mendukung segala upaya dari pemerintah, dalam mendukung penyelamatan warga Gaza yang saat ini sedang mengalami konflik. Upaya apa pun dilakukan, merupakan bagian dari sikap Indonesia yang mendukung rakyat Palestina.

"Yang jelas apa yang kita lakukan untuk rakyat Gaza, merupakan bagian dari negara kita untuk menegakkan konstitusi," ujarnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024