Mendag: Pasar Mardika Ambon perlu revitalisasi

Mendag: Pasar Mardika Ambon perlu revitalisasi

Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Kondisi pasar seperti ini sudah jelas ada perhatian dari pemerintah pusat,"
Ambon (ANTARA News) - Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan mengatakan bahwa pihaknya bisa membantu Pemerintah Kota Ambon merevitalisasi Pasar Mardika agar lebih baik dan memiliki fasilitas pendukung yang memadai.

"Kondisi pasar seperti ini sudah jelas ada perhatian dari pemerintah pusat," kata Mendag Gita Wirjawan seusai memantau harga kebutuhan pokok di lokasi Pasar Mardika Ambon, Kamis.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Sekda Maluku dan menyarankan agar segera mengajukan proposal permohonan bantuan ke Kemendag guna kepentingan revitalisasi pasar.

"Kementerian Perdagangan kan mempunyai anggaran untuk membantu membangun pasar yang lebih bagus dan sudah pasti pedagang lebih suka dan harga bisa lebih stabil," katanya.

Dia menjelaskan bahwa satu-satunya cara untuk mengendalikan harga di pasaran ke depan adalah dengan mengendalikan produksi dalam negeri.

"Dana untuk bantuan seperti ini ada dan bisa mencapai ratusan miliar, lebih sedikit dari dana tahun 2013, tetapi cukup guna melanjutkan program revitalisasi," ujarnya.

Sedangkan pasar pencontohan yang sudah dibangun dengan menggunakan dana program revitalisasi hingga tahun 2013 tercatat sebanyak 452 pencontohan dan non-pencontohan.

Menurutnya, untuk tahun 2014 pasar pencontohan bisa mencapai 20 hingga 30 unit, sedangkan nonpencontohan bisa lebih dari 300 unit.

Menteri Gita Wirjawan yang datang khusus ke Kota Ambon untuk memantau perkembangan harga di Pasar Mardika itu juga mengunjungi salah satu stasiun radio swasta di Ambon, yakni Duta Musik Serasi, kemudian melakukan jumpa pers dan sebelum bertolak ke Jakarta melanjutkan kunjungan ke Universitas Pattimura. (*)

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Pemkot Batam revitalisasi Pasar Induk Jodoh

Komentar