Kegiatan bersih pantai di Pantai Teluk Labuan sebagai momentum bagi PGN bersama pemangku kepentingan dan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero), menggelar aksi bersih pantai dengan mengumpulkan ratusan kilogram sampah dalam kegiatan Coastal Clean Up (CCU) di Pantai Teluk Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PGN Rachmat Hutama dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 bertema "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan".

Menurut dia, PGN melakukan aksi peduli lingkungan dengan program menjaga kebersihan dan kelestarian di Teluk Labuan tersebut berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan CCU diikuti 426 peserta dari berbagai unsur mulai dari ASN, TNI, Polri, pelajar, mahasiswa, komunitas lingkungan, masyarakat, hingga pekerja PGN.

Sejak Rabu (5/6/2024) sampai Jumat (7/6/2024), pembersihan pantai menggunakan dua unit alat berat dan 10 armada pengangkut sampah, yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang.

"Kegiatan bersih pantai di Pantai Teluk Labuan sebagai momentum bagi PGN bersama pemangku kepentingan dan masyarakat melakukan aksi bersama menjaga kebersihan lingkungan. Dengan menjaga kebersihan serta kelestarian di garis pantai, maka kita ikut membantu untuk melestarikan ekosistem di lautan dan meminimalisir pencemaran lingkungan sekitarnya," ujar Rachmat.

Sebagai Subholding Gas Pertamina, PGN merealisasikan aspek environmental, social, and government (ESG) pada berbagai kegiatan, sekaligus membaur dengan masyarakat sekitar agar dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat.

"Semoga PGN dapat terus konsisten dalam meningkatkan kesadaran dan menyelenggarakan kegiatan yang peduli lingkungan secara rutin dan berkelanjutan," ujarnya.

Rachmat menambahkan dengan pantai yang bersih, dapat semakin menghidupkan wisata pantai serta kuliner laut di sekitar pantai, sehingga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat mengurangi pencemaran akibat sampah organik dan nonorganik.

Melalui kegiatan bersih pantai, lanjut Rachmat, juga diharapkan dapat menggugah kesadaran semua pihak untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampai di pantai maupun sungai dan lebih menghargai keindahan pantai.

Baca juga: PGN tambah jargas 2.173 sambungan rumah di Kota Semarang
Baca juga: PGN tingkatkan aliran gas bumi 48 BBTUD ke Jateng

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024