Jakarta (ANTARA) - Perawatan koktail merupakan salah satu tren perawatan kulit dengan melakukan perpaduan unik antara perawatan medis, pengelupasan kimiawi, terapi laser, dan teknologi mutakhir lainnya untuk mengatasi ragam permasalahan kulit, terutama kulit wajah agar lebih sehat dan bercahaya.
 
Dikutip dari Hindustan Times, Minggu, perawatan koktail untuk wajah adalah rangkaian perawatan kulit yang dipersonalisasi dengan memadukan berbagai bahan aktif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Pendekatan yang dipersonalisasi ini dirancang untuk memberikan perawatan holistik yang menargetkan sejumlah masalah pada kulit, seperti penuaan, pigmentasi, jerawat, dan dehidrasi.
“Pendekatan yang disesuaikan dirancang untuk memenuhi kebutuhan kulit individu dan membantu seseorang mendapatkan hasil yang efektif dan optimal,” kata Dokter Kulit dari Estique Skin & Hair Clinic Neha Sharma.
 
Lebih lanjut, perawatan koktail mencakup campuran bahan-bahan yang dirancang untuk meremajakan dan melindungi kulit seseorang. Bahan-bahan tersebut berupa vitamin dan antioksidan yang penting untuk melawan kerusakan lingkungan akibat polusi dan sinar UV.
 
Selain itu, ada Asam hialuronat yang dapat menghidrasi kulit dan membantu mempertahankan kelembapan serta mengatasi kulit kering. Ada juga Peptida untuk meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi munculnya garis-garis halus serta kerutan.
 
“Beberapa tumbuhan dan ekstrak alami (juga bisa digunakan untuk) menambah kilau ekstra pada kulit, dan vitamin C untuk mengurangi pigmentasi,” kata Neha.
 
Untuk melakukan perawatan koktail, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisa menyeluruh terhadap kulit pasien untuk mengidentifikasi permasalahan kulit mereka secara spesifik.
 
Berdasarkan penilaian tersebut, dokter akan mencampur bahan aktif yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit pasien. Terakhir, bahan yang sudah disesuaikan akan dimasukkan ke dalam kulit pasien dengan beragam cara, baik dengan microneedling maupun melalui suntikan.
 
“Tindakan ini umumnya cepat, dengan sedikit rasa ketidaknyamanan dan waktu henti, sehingga cukup ideal serta sederhana bagi semua orang," kata Neha.
 
Menurut Neha, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari perawatan koktail. Perawatan ini menawarkan perawatan yang dipersonalisasi dan solusi paling efektif untuk kebutuhan spesifik seseorang.
 
Selain itu, dengan mengatasi berbagai masalah secara bersamaan, perawatan koktail memberikan pendekatan perawatan kulit yang komprehensif.
 
“Perawatan koktail dirancang untuk memberikan hasil yang cepat dan terlihat tanpa waktu henti yang lama,” tutup Neha.

Baca juga: Mengenal perawatan wajah "skin booster" yang tengah naik daun

Baca juga: Cara terbaik menggunakan serum hialuronat untuk kelembapan kulit

Baca juga: Dermatolog sebut perawatan dengan masa pemulihan singkat kian digemari

 

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024