Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Tim Search and Rescue (SAR ) gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi jasad seorang pemuda warga Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang tenggelam di Pantai Cipatuguran pada Minggu sekitar pukul 15.10 WIB.

"Korban yang diketahui bernama Suryadi (28) yang bertempat tinggal di Kampung Cipatuguran, RT 02/001, Kelurahan Palabuhanratu ini mengalami kecelakaan laut atau tenggelam saat berenang bersama rekan-rekannya," kata Kasat Polairud Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar di Sukabumi, Minggu.

Baca juga: Tim SAR evakuasi jenazah pria hanyut terseret arus Sungai Silau Sumut

Menurut Tenda, tim SAR gabungan menemukan jasad korban sekitar pada pukul 16.20 WIB tidak jauh dari lokasi kejadian dan langsung dievakuasi ke RSUD Palabuhanratu.

Adapun kronologi kejadian ini berawal saat korban yang memiliki riwayat penyakit epilepsi berenang di Pantai Cipatuguran yang tidak jauh dari rumahnya bersama lima rekannya. Diduga saat sedang asyik berenang di pantai selatan Kabupaten Sukabumi ini penyakitnya kambuh ditambah datang ombak besar yang menerjang tubuh pemuda tersebut.

Rekannya yang melihat korban hanyut terbawa arus laut, mencoba memberikan bantuan, namun karena gelombang laut saat itu tinggi dan tubuh Suryadi sudah jauh di tengah laut, sehingga tidak berhasil menyelamatkan dan akhirnya korban hilang tenggelam.

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi korban tenggelam di Sungai Pesiair Barat

Petugas penjaga pantai yang menerima laporan adanya kecelakaan laut langsung menuju ke lokasi kejadian dengan melakukan penyisiran baik di darat maupun tengah laut yang dibantu oleh masyarakat sekitar.

Sekitar satu jam pasca-kejadian, jasad Suryadi ditemukan di sekitar pesisir atau berjarak 400 meter dari tempat kejadian yang kemudian dibawa ke RSUD Palabuhanratu.

"Diduga korban tenggelam karena penyakitnya kambuh sehingga saat ombak tinggi datang tidak bisa menepi ke darat dan terbawa arus laut dan akhirnya hilang tenggelam," ujarnya.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan jasad remaja yang hanyut di Sungai Cicatih

Tenda mengatakan tewasnya pemuda tersebut murni karena kecelakaan dan pihak keluarga pun sudah menerima kejadian ini dan membawa jasad Suryadi ke rumah duka untuk disemayamkan dan dimakamkan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024