Jakarta (ANTARA) -
Pebasket Artem Pustovyi yakin bahwa Satria Muda Pertamina Jakarta (SM) mampu bersaing di level tertinggi Indonesian Basketball League (IBL) 2024 dengan meraih hasil positif pada sisa musim reguler.
 
"Menurut saya tim ini (SM) punya level permainan yang bagus, sehingga kami siap untuk tampil di level tertinggi," kata Pustovyi dalam laman IBL yang dipantau ANTARA di Jakarta, Minggu.
 
Center asal Ukraina itu menyadari bila dirinya menjadi harapan bagi SM di sisa akhir musim ini setelah mempelajari statistik klub yang sempat terseok-seok di awal hingga pertengahan musim.
 
Oleh sebab itu, meski memiliki sejumlah kendala saat debut melawan Pacific Caesar Surabaya, Sabtu (8/6), pemain setinggi 2,18 meter itu akan segera menyesuaikan diri dengan cepat sehingga bisa berkontribusi untuk tim.
 
"Ini pengalaman pertama saya datang ke Indonesia, panas sekali udaranya. Saya seperti tidak bisa bernafas ketika bermain di babak pertama, tetapi semua orang membantu saya untuk mengatasi semua masalah yang ada," ujar pemain senior yang menjadi langganan tim nasional Ukraina itu.
 
Ia menambahkan, orang-orang Indonesia juga menyambut hangat kedatangan dirinya sehingga ia menyampaikan terima kasih atas sambutan tersebut.
 
Baca juga: Youbel Sondakh berusaha perkuat kerja sama pemain lokal dan asing

Saat menjalani debutnya di IBL Tokopedia 2024, Pustovyi bermain selama 18 menit 20 detik dengan kontribusi 11 poin dan lima rebound, dengan rincian tiga kali offensive rebound (OR). Tak hanya itu, dia juga melakukan satu steal dan satu blok. 

Ia menggantikan peran pemain asing yang kontraknya tidak diperpanjang oleh klub, yaitu Jarred Shaw.
 
Saat ini, SM berada di peringkat empat klasemen sementara IBL 2024, dengan mencatatkan 15 kemenangan dan tujuh kekalahan dari total 22 pertandingan.
 
Dalam pertandingan terakhir melawan Tangerang Hawks Basketball, Minggu sore, SM kembali memenangi pertandingan dengan skor 102-71.
 
Hasil itu memperpanjang tren positif SM dalam tujuh laga terakhir, dengan mampu meraih tujuh kemenangan beruntun.
 
Klub kebanggaan warga Jakarta itu masih menyisakan empat pertandingan lagi untuk mengakhiri musim reguler. Tim langganan juara tersebut juga telah memastikan satu tempat untuk bersaing di babak playoffs IBL 2024.

Baca juga: "Center" Timnas Ukraina Artem Pustovyi jadi amunisi baru Satria Muda
Baca juga: Tren terus positif, pelatih SM: Kami terus gali komposisi terbaik

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024