Diperlukan adaptasi teknologi dan infrastruktur yang tahan terhadap Perubahan iklim
Jakarta (ANTARA) - Emil Salim Institute menyoroti pentingnya pemanfaatan energi bersih berbasis sumber daya alam dalam buku berjudul, "Transisi Energi, Energi Baru Terbarukan".

“Hal ini (transisi energi) akan lebih menciptakan ketahanan ekonomi melalui ketersediaan energi-energi yang berkelanjutan. Tentunya dengan harga yang terjaga," kata mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Proses transisi energi menuju energi baru dan terbarukan, kata Emil melanjutkan, membutuhkan kerja sama antar-sektor dan pemangku kepentingan yang fokus pada target bersama yang ditentukan.

“Diperlukan adaptasi teknologi dan infrastruktur yang tahan terhadap Perubahan iklim. Sehingga pasokan energi bisa lebih terjamin. Tentunya lewat serangkaian pendekatan. Dan, yang paling penting, tak boleh ada yang saling menyalahkan antara satu dengan yang lainnya," kata Emil Salim.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pembina Emil Salim Institute Roosdinal Salim mengatakan, transisi energi baru dan terbarukan baru akan berjalan dengan lancar bila pemerintah memiliki “political will” yang sangat peduli.

Melalui political will tersebut, kata dia, seluruh target yang telah ditetapkan baru bisa terpenuhi.

"Selama 'political will’ dari pemerintah hanya setengah hati, maka jangan berharap target itu bisa tercapai," kata Roosdinal.

Di sisi lain, Presiden Emil Salim Institute E. Kurniawan Padma menambahkan, Emil Salim Institute akan terus bergerak dan berkontribusi signifikan menjalankan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Tentunya dengan berkolaborasi bersama pemerintah, dunia usaha, sektor pendidikan, dan civil society," kata Kurniawan.

E. Kurniawan Padma berharap semoga buku tersebut akan menjadi referensi dan literasi yang cukup berarti untuk program transisi energi dan pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Selain itu, ia juga berharap agar buku yang diluncurkan mampu menjadi motivasi terkait serangkaian aksi nyata bersama dari berbagai pihak.

“Agar keberhasilan program transisi energi dan pengembangan energi baru dan terbarukan segera terwujud di Indonesia,” kata Kurniawan.

Baca juga: Menteri ESDM: Kerja sama dengan Inggris perkuat transisi energi RI
Baca juga: AHY siapkan lahan produksi biofuel guna percepat transisi energi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024