Jakarta (ANTARA) - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mempersiapkan pengukuhan 76 pelajar menjadi yang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024, yang akan tampil saat HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Jumlah Paskibraka yang akan dikukuhkan adalah 76 orang, terdiri atas 38 putra dan 38 putri mewakili 38 provinsi," kata Kepala BPIP, Yudian Wahyudi usai menghadiri rapat terbatas persiapan Upacara HUT Ke-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Baca juga: Jateng kirim empat pelajar untuk calon Paskibraka Nasional

Ia mengatakan BPIP turut berkontribusi menyukseskan perhelatan Upacara Kemerdekaan RI di IKN melalui rekrutmen calon Paskibraka.

Hingga saat ini, kata Yudian, rekrutmen dan seleksi calon anggota Paskibraka tingkat pusat memasuki tahap verifikasi oleh BPIP yang ditargetkan rampung pada 14 Juni 2024.

Usai dinyatakan lolos tahapan verifikasi, sebanyak 76 calon Paskibraka akan memulai pemusatan pendidikan di Jakarta pada 12 Juli 2024.

"Pelatihan Paskibraka melibatkan pelatih dari Komando Garnisun Tetap I/Jakarta dan Kodam VI Mulawarman," ujarnya.

Calon Paskibraka Tingkat Pusat akan diberangkatkan ke IKN untuk proses pengukuhan pada 10 Agustus 2024, via Balikpapan.

"Pengukuhan Paskibraka akan dilaksanakan tanggal 15 Agustus 2024 di IKN, tapi untuk tanggal ini ada usulan perubahan yang sedang kami pertimbangkan. Kalau bisa lebih awal," katanya.

Baca juga: Gubernur beri suntikan semangat anggota Paskibraka Nasional asal Jatim

Baca juga: Pelajar Bontang dan Balikpapan ikut karantina Paskibraka nasional

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024