Jakarta (ANTARA) -
Perayaan Idul Adha biasanya diiringi dengan hidangan daging sapi atau kambing yang diperoleh dari hasil berkurban.

Tokopedia dan ShopTokopedia bersama Presiden Islamic Chef and Culinary of Indonesia Chef Adie Miartadi, dalam keterangan pers yang diterima, Senin, membagi lima resep hidangan olahan daging untuk dikreasikan saat Idul Adha.

1. Spageti Bakar dengan Daging Sambal Matah
 
Tren fusion food yang menggabungkan antara dua resep menjadi satu masakan yang unik, bisa dijadikan ide menu baru untuk suasana Idul Adha. Salah satu ide fusion food yang bisa diterapkan yaitu spageti yang menggunakan potongan daging sapi atau kambing. Untuk memberikan cita rasa yang lebih segar dan pedas, tambahkan sambal matah di atas spageti, ujar Chef Adie bersama Tokopedia dan ShopTokopedia.

“Agar daging cepat empuk tanpa mengubah cita rasa, caranya bisa dengan memotong daging dalam potongan kecil, baluri dengan garam dan lada, kemudian remas-remas hingga sari daging keluar di celah-celah jari, dan diamkan sekitar 20 menit sebelum diolah menjadi menu masakan,” jelas Chef Adie.

2. Sate Kambing Plecing

Masih dalam tren fusion food, kali ini masih mengolah menu klasik yang dibakar yaitu sate, namun dengan bumbu yang berbeda dari biasanya.

Awali dengan memilih bagian daging yang empuk seperti has dalam, kemudian memproses daging hingga empuk dengan cara meremas-remasnya, kemudian untuk pembuatan sate buat potongan daging dalam bentuk kotak-kotak.

“Setelah proses pengempukan daging selesai, sebaiknya daging tidak dimasak terlalu lama agar tekstur daging tetap empuk. Bumbu plecing khas Lombok dengan rasa pedas yang nikmat membuat menu sate ini lain dari biasanya,” saran Chef Adie.

Bumbu atau sambal plecing juga bisa didapatkan dengan mudah lewat Tokopedia, terutama di bagian Bumbu dan Bahan Masakan. Tokopedia pun mencatat produk Bumbu dan Bahan Masakan adalah salah satu subkategori produk yang paling laris sepanjang Juni 2023, termasuk jelang dan saat hari Idul Adha 2023 lalu.
 
3. Daging Panggang Bumbu Rawon

Walau daging panggang atau steak cenderung dikenal sebagai resep olahan daging ala barat, namun dengan kehadiran bumbu rawon sebagai sausnya, maka menu ini menjadi salah satu ide olahan daging khas Nusantara yang unik.

“Untuk menjaga keseimbangan nutrisi, tambahkan beberapa jenis sayuran seperti brokoli, wortel, buncis, bayam, lettuce, dan kangkung. Dalam satu menu masakan daging, harus diimbangi dengan sayuran yang diproses baik dikukus atau direbus,” jelas Chef Adie.

4. Tumis Daging

Praktis dan legit, berbagai olahan resep daging yang ditumis tidak membutuhkan waktu lama, mulai dari persiapan hingga proses masaknya. Menurut Chef Adie, kunci agar lebih nikmat dan dapat menetralisir kolesterol dari daging adalah dengan menambahkan bawang bombai pada masakan.

Mengolah masakan tumisan sebaiknya tidak terlalu lama, cukup diproses masak sekitar 5 menit saja.
 
“Tokopedia pun mencatat beberapa jenis daging sapi yang paling laris sepanjang Juni 2023, termasuk jelang dan saat Idul Adha 2023 lalu, antara lain daging iris, daging brisket atau sandung lamur, daging shortplate atau sancan depan, daging rawon hingga daging giling,” ucapnya.

5. Sop Iga Asam Pedas

Sop iga asam pedas mengandalkan metode memasak daging dalam kuah mendidih (boiling), sehingga bisa menggugah selera. Menu asam pedas membuat rasa pada daging sapi atau kambing menjadi lebih segar. Untuk iga kambing dapat dimasak dalam bumbu rempah pedas.

“Jika ingin menyimpan daging kurban agar tetap segar dan tahan lama, daging bisa disimpan dalam kondisi mentah atau setengah matang. Untuk menyimpan daging mentah, gunakan kantong plastik vakum berlabel 'BPA-free' lalu simpan di freezer dengan suhu -18 derajat celcius sehingga bisa bertahan hingga 6 bulan," ujarnya,

Namun jika disimpan di dalam kulkas maka daging tersebut hanya bertahan 3-4 hari. Untuk menyimpan daging setengah matang, artinya sudah dimarinasi maka bisa disimpan di dalam freezer dan bisa bertahan hingga 3 bulan, ujar Chef Adie.

Jelang Idul Adha permintaan daging juga meningkat lebih dari 2 kali lipat di Tokopedia dan ShopTokopedia dibandingkan tahun 2023 lalu.

“Permintaan masyarakat terhadap daging jelang dan saat Idul Adha 2023 lalu melonjak signifikan. Data internal Tokopedia mencatat penjualan daging sapi melonjak lebih dari 2 kali lipat jelang dan saat Idul Adha 2023 dibandingkan dengan minggu ke-4 pada Mei 2023 lalu,” ucap Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Selain mempermudah masyarakat lewat kampanye Toserba, Tokopedia juga memiliki fitur Qurban untuk memberikan kemudahan berkurban secara online yang praktis, ekonomis dan amanah.

Tokopedia pun melibatkan berbagai lembaga kemanusiaan tepercaya untuk mengelola kurban, mulai dari BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim, PKPU Human Initiative, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), NU CARE-LAZISNU, Palmyra Internasional dan Bank Qurban.

Baca juga: Resep Daging Sapi Masak Kecap Pedas untuk menu hidangan Idul Adha

Baca juga: Santap buah sebelum makan daging bantu jaga kesehatan selama Idul Adha

Baca juga: Ahli gizi bagikan kiat konsumsi daging kurban bagi pengidap kolesterol
Baca juga: Chef Juna bagikan tips mengolah daging kurban praktis dan nikmat

 
 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024