Kami beri beasiswa untuk atlet peraih emas, perak, dan perunggu. Pelatih juga diberi reward
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberi beasiswa pendidikan kepada atlet pelajar yang meraih medali dalam ASEAN Schools Games (ASG) 2024 yang berlangsung di Da Nang, Vietnam pada 1-7Juni lalu.
 
Menpora Dito Ariotedjo mengatakan, dirinya sangat bangga dengan prestasi para kontingen Indonesia yang telah berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara, dengan menempati peringkat kedua turnamen tersebut.
 
"Kami beri beasiswa untuk atlet peraih emas, perak, dan perunggu. Pelatih juga diberi reward," kata dia saat menyambut seluruh kontingen Indonesia untuk ASG 2024 Vietnam di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin.
 
Dalam ajang yang sudah 13 kali diselenggarakan itu, lanjut dia, Indonesia meraih 22 medali emas, 22 perak, dan 20 perunggu dari enam cabang olahraga yang diikuti, yaitu atletik, bulu tangkis, renang, bola basket, pencak silat, dan vovinam.
 
Oleh sebab itu, pemerintah akan memberi hadiah sebagai wujud dukungan penuh untuk pengembangan olahraga nasional.

Baca juga: Pencak silat Indonesia sumbang lima emas pada ASEAN School Games
 
"Tapi pesan saya, meski diberi beasiswa, kalian (atlet pelajar peraih medali), harus tetap belajar di sekolah dengan sungguh-sungguh," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Selain atlet, dia turut mengapresiasi para pelatih, ofisial, dan pengurus federasi cabang olahraga, atas bimbingannya kepada para calon penerus atlet tim nasional itu.
 
Menurut Dito, peran para stakeholder atau pemangku kepentingan tersebut sangat vital dan para orang tua juga diapresiasi atas dukungan kepada semua kontingen selama ajang berlangsung.
 
Kontingen Indonesia belum mampu memenuhi target juara umum yang dibebankan oleh pemerintah, karena kalah dari tuan rumah Vietnam yang menjadi juara.
 
Baca juga: Indonesia peringkat kedua ASEAN Schools Games 2024 di Vietnam
 
Meski begitu, ada dua cabang olahraga yang memecahkan rekor dalam ASG tahun ini, melalui olahraga renang yang dicetak Arya Adrean, dalam nomor 50 meter gaya dada putra, serta bola basket putra yang berhasil menundukkan Filipina di babak final.
 
Bahkan, tim renang menjadi penyumbang medali emas terbanyak untuk kontingen Indonesia, dengan total 11 emas.

Sementara itu, untuk tempat penyelenggaraan ASG berikutnya, Brunei Darussalam bertindak sebagai tuan rumah.
 
Berikut rincian perolehan medali Indonesia di ASEAN Schools Games (ASG) 2024:
 
1. Atletik 2 emas, 5 perak , 6 perunggu
2. Badminton 2 emas, 4 perak, 1 perunggu
3. Pencak silat 5 emas, 5 perak, 4 perunggu
4. Vovinam 1 emas, 2 perak, 2 perunggu
5. Renang 11 emas, 6 perak, 7 perunggu
6. Basket 1 emas, 0 perak, 0 perunggu

Baca juga: Menpora yakini prestasi ASG 2024 jadi tolok ukur untuk SEA Games 2025

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024