dimakamkan di pemakaman Sharae Makkah
Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan jamaah calon haji yang meninggal dunia di Tanah Suci bertambah tiga orang.

Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Muhammad Syafii di Batam, Senin, mengatakan tiga calon haji tersebut berasal dari Riau dan Kalimantan Barat.

"Dari 3 calon haji itu seluruhnya meninggal di Makkah," kata Syafii.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) 2024, jamaah calon haji yang meninggal di Tanah Suci memiliki risiko tinggi terhadap kondisi kesehatan.

Adapun penyakit yang diidap calon haji itu di antaranya, iskemia (kondisi kurangnya suplai darah ke organ tertentu) dan edema paru (terlalu banyak cairan di paru-paru).

"Tiga calon haji itu dimakamkan di pemakaman Sharae Makkah," ujar dia.

Tiga calon haji yang meninggal dunia yaitu, Arsyad Pawellanv Maketti (55) tergabung dalam kloter BTH-14, Said Satiman Ismael (78) tergabung dalam kloter BTH-20, Halimah Juri Abdul Latif (59) tergabung dalam kloter BTH-13.

Hingga saat ini, PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam mencatat 7 orang calon haji meninggal dunia di Tanah Suci, Madinah dan Makkah, Arab Saudi.

Baca juga: 5 calon haji Embarkasi Batam batal terbang ke Tanah Suci
Baca juga: 8.345 calon haji Embarkasi Batam sudah tiba di Tanah Suci


Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat sebanyak 198.273 calon haji Indonesia telah berada di Arab Saudi guna mengikuti rangkaian kegiatan ibadah haji pada hari ke-28 operasional pemberangkatan haji Indonesia.

"Calon haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 198.273 orang yang terbagi dalam 505 kelompok terbang," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) RI Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji yang diikuti secara daring di Jakarta, Sabtu.

Adapun pada hari ini, Widi menyebutkan terdapat 13 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah 5.211 calon haji yang akan diterbangkan ke Jeddah.

Baca juga: Kloter 12-BTJ Aceh jadi penutup keberangkatan haji Indonesia 2024
Baca juga: Waka Komisi VIII DPR: Pelaksanaan haji 2024 lebih baik dari tahun lalu
Baca juga: Menag bersyukur fase pemberangkatan jamaah berjalan lancar

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024