Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen memuji kinerja timnya dalam membantunya mencetak hattrick kemenangan di Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Kanada di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Montreal, setelah mengalahkan pembalap McLaren Lando Norris dengan selisih 3,879 detik, Senin WIB.

Verstappen yang memulai balapan dari P2, menyebut balapan 70 lap itu sebagai "balapan yang cukup gila" yang memerlukan keputusan strategi penting di tengah perubahan kondisi cuaca dan dua periode Safety Car.

Peraih pole George Russell awalnya memimpin saat balapan dimulai. Norris kemudian masuk ke P1 sebelum keunggulan berpindah tangan lagi ketika Safety Car diluncurkan pada lap 25 setelah Logan Sargeant menabrak pembatas.

Posisi pembalap kemudian beralih lagi setelah fase pit stop kedua, dengan Verstappen yang akhirnya mengungguli Norris dan mempertahankan P1 hingga bendera kotak-kotak dikibarkan, meskipun ada insiden lebih lanjut termasuk Safety Car kedua karena tabrakan antara Carlos Sainz dan Alex Albon.

“Itu adalah balapan yang cukup gila,” buka sang juara bertahan itu. "Banyak hal yang terjadi dan kami harus tetap menjalani balapan. Saya pikir sebagai tim kami melakukannya dengan sangat baik hari ini, kami tetap tenang, saya pikir kami masuk pit pada waktu yang tepat," tambahnya.

“Tentu saja Safety Car bekerja dengan baik bagi kami, namun bahkan setelah itu saya pikir kami mampu mengatasi kesenjangan dengan cukup baik. Saya menyukainya, itu sangat menyenangkan. Balapan seperti itu, Anda membutuhkannya sesekali.”

Sementara itu, Mercedes tampil cukup baik pada balapan kali ini dengan Russell yang mengakhiri balapan di Montreal di posisi ketiga, diikuti rekan setimnya Lewis Hamilton di posisi keempat. Untuk posisi kelima, ada rekan Norris, Oscar Piastri.

Baca juga: Verstappen sebut GP Kanada akan menjadi balapan yang cukup menarik

Adapun akhir pekan yang tidak diinginkan dialami oleh Ferrari karena setelah keluar dari 10 besar pada kualifikasi, dua pembalapnya Charles Leclerc dan Carlos Sainz juga gagal finis pada sesi balapan.

Kemenangan ini membuat Verstappen menjauh dengan 194 poin di klasemen sementara, unggul 56 poin atas Lecrerc di posisi kedua, dan unggul 63 poin atas Norris di posisi ketiga.

Di klasemen konstruktor, Red Bull masih memimpin dengan 301 poin, diikuti Ferrari dengan 252 poin, dan McLaren dengan 212 poin.

Seri sepuluh F1 musim ini akan dimainkan dua pekan lagi tepatnya di GP Spanyol di Sirkuit Catalunya pada 23 Juni.

Hasil F1 GP Kanada di Sirkuit Gilles-Villeneuve, Montreal, Senin WIB:

1. Max Verstappen (Red Bull Racing) 1:45:47.927
2. Lando Norris (McLaren) +3.879
3. George Russell (Mercedes) +4.317
4. Lewis Hamilton (Mercedes) +4.915
5. Oscar Piastri (McLaren) +10.199
6. Fernando Alonso (Aston Martin Aramco) +17.510
7. Lance Stroll (Aston Martin Aramco) +23.625
8. Daniel Ricciardo (RB Honda RBPT) +28.672
9. Pierre Gasly (Alpine Renault) +30.021
10. Esteban Ocon (Alpine Renault) +30.313
11. Nico Hulkenberg (Haas) +30.824
12. Kevin Magnussen (Haas) +31.253
13. Valtterti Bottas (Kick Sauber) +40.487
14. Yuki Tsunoda (RB Honda RBPT) +52.694
15. Zhou Guanyu (Kick Sauber) +1 lap
Carlos Sainz (Ferrari) DNF
Alexander Albon (Williams) DNF
Sergio Perez (Red Bull Racing) DNF
Charles Leclerc (Ferrari) DNF
Logan Sargeant (Williams) DNF

Baca juga: Norris ingin tampilkan "pertunjukan bagus" di balapan F1 GP Kanada
Baca juga: Yuki Tsunoda akan tetap bersama RB musim depan

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024