Manado (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan ribuan lembar seng untuk atap rumah kepada warga terdampak erupsi Gunung Ruang Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut.

"Baznas Sulut salurkan 3.500 lembar seng untuk warga terdampak erupsi Gunung Ruang," kata Ketua Baznas Sulut Lutvia Alwi, di Manado, Senin.

Lutvia mengatakan bahwa hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen kemanusiaan Baznas Sulut dengan kembali menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Ruang di Tagulandang.

"Insya Allah kami akan terus menyalurkan bantuan sesuai perkembangan di lapangan dan terus memaksimalkan sinergi dan koordinasi dengan instansi terkait untuk memantau perkembangan dan memastikan penyaluran bantuan sesuai dengan kebutuhan para pengungsi," kata Lutvia.

Baca juga: BNI Berbagi salurkan bantuan korban erupsi Gunung Ruang

Baznas akan terus berkoordinasi untuk memantau perkembangan dan berupaya terus memberikan bantuan kepada sesama yang membutuhkan.

Lutvia Alwi menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada para pihak dan juga elemen masyarakat lainnya terutama para muzaki/donatur yang telah mempercayakan Baznas sebagai lembaga filantropi pemerintah, untuk menyalurkan amanah mereka kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Tentu saja apa yang kami lakukan hari ini penyaluran bantuan berupa seng untuk atap rumah merupakan perwujudan komitmen Baznas Sulawesi Utara terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal dan tidak tersekat oleh perbedaan apapun termasuk perbedaan keyakinan," ujarnya.

Baca juga: Danrem 131/Santiago serahkan bantuan bagi pengungsi Gunung Ruang

Penyerahan bantuan telah dilakukan oleh Komandan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Sulut Mustafa Marhaba didampingi Ketua Baznas Sulut Lutvia Alwi dan para wakil ketua, serta Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tagulandang di Pulau Tagulandang Kabupaten Siau, Tagulandang Biaro, Sulut.

Bantuan juga telah diserahkan sebelumnya melalui Baznas Tanggap Bencana BTB Sulut di posko bantuan Baznas Sulut di Masjid Al Hidayat Tagulandang dalam bentuk bantuan sembako dan pengadaan dapur umum.

Baca juga: Polda Sulut kirim bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Ruang

"Apresiasi kami dan terima kasih banyak kepada Baznas Sulut yang memberikan bantuan berupa seng untuk atap rumah kepada para jemaat Gereja Zebaoth Tagulandang yang rumahnya terdampak erupsi Gunung Ruang. Semoga kebaikan ini menjadi berkat bagi semua," kata Zein salah satu jemaat Gereja Zebaoth Tagulandang yang rumahnya terdampak erupsi Gunung Ruang.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024