Tanah Bumbu, Kalsel (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan (Dinsos Kalsel) bersama petugas gabungan berjibaku menggunakan perahu untuk menyalurkan ribuan paket bantuan kepada korban banjir di titik yang sulit dijangkau pada empat kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Dari beberapa kecamatan terdampak banjir, saat ini kami sedang mengantarkan bantuan ke empat kecamatan menggunakan perahu karena medan sulit dijangkau,” kata Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinsos Kalsel Achmadi di Tanah Bumbu, Senin.

Dia menyebutkan empat kecamatan yang sulit dijangkau itu, di antaranya Kusan Hulu, Kusan Tengah, Kusan Hilir, dan Satui.

“Sebelumnya sudah disalurkan ke wilayah lain sejumlah bantuan makanan siap saji, makanan anak, mi instan, air mineral, dan kebutuhan mendesak lain. Hari ini tim gabungan turun kembali untuk menyalurkan ribuan paket sembako khusus ke titik yang sulit dijangkau,” ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel bantu ribuan warga terdampak banjir di Tanah Bumbu

Baca juga: BPBD Tanah Bumbu evakuasi 9.773 jiwa korban banjir di SatuI


Achmadi yang memantau langsung ke lokasi banjir, mengungkapkan saat ini tim gabungan di lapangan telah mendirikan tenda dapur umum untuk melayani kebutuhan makan belasan ribu masyarakat yang terdampak banjir.

Ia berharap bantuan yang diberikan pemerintah daerah itu dapat meringankan beban sosial para korban yang terdampak banjir lebih dari lima hari.

Pantauan di lapangan, kata dia, ketinggian debit air banjir mulai mengalami surut sekitar 30-50 sentimeter, dan sebagian warga sudah ada yang kembali ke rumah masing-masing, meskipun masih ada genangan air.

Achmadi menjelaskan meskipun debit air sudah mulai surut, namun masih dikhawatirkan jika kembali hujan lebat di bagian hulu akan mempengaruhi ketinggian banjir di sejumlah desa yang masih terdampak.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel sejak 5-9 Juni 2024, total warga terdampak banjir di Tanah Bumbu mencapai 19.241 jiwa terdapat di delapan kecamatan yang terdiri atas 39 desa. Di samping itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah menetapkan status siaga bencana banjir mulai pada 5-20 Juni 2024.*

Baca juga: BPBD Tanah Bumbu pasang alat deteksi dini banjir pada tiga titiK

Baca juga: 208 KK terdampak banjir di Tanah Laut dan Tanah Bumbu

 
Tangkapan Layar - Warga terdampak banjir menerima bantuan menggunakan ban karet di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Senin (10/6/2024). (ANTARA/HO-Dinsos Kalsel)

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024