Hangzhou, Tiongkok, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 5 Juni lalu, SUPCON meluncurkan TPT (Time-series Pre-trained Transformer) inovatif, model AI time-series yang pertama, di Singapura. SUPCON memperkenalkan solusi ini kepada klien global sekaligus memulai aplikasi TPT di industri. Dr. Wenyue Ding, Senior Researcher Scientist, SUPCON, memperkenalkan produk ini dengan tema "Pioneering Industrial AI New Frontiers".

TPT menggunakan kerangka algoritma AI generatif yang menyatukan data masif tentang aktivitas produksi, operasional, proses, peralatan, dan kualitas di berbagai industri. TPT secara signifikan meningkatkan efisiensi model AI, menyatukan aplikasi industri, serta memiliki fitur adaptif pada beragam unit dan kondisi kerja. Maka, TPT memfasilitasi aplikasi closed-loop yang sangat akurat dan reliabel. TPT pun siap mempercepat implementasi teknologi pintar di industri proses.

Bisa Digunakan dalam Skenario Industri Inti

Dalam beberapa tahun terakhir, AI telah menarik perhatian global. Era AI kini hadir dengan Artificial Intelligence Generated Content (AIGC). Kita pun tengah mengeksplorasi aplikasi AI dalam skenario industri untuk meningkatkan efisiensi produksi dan menjawab tantangan industri.

Namun, proses operasional industri sebagian besar direkam dengan time-series data. Sementara, model-model AI yang telah tersedia masih belum mampu mengatasi tantangan inti, seperti peringatan abnormal, optimalisasi kegiatan operasional dan sistem kendali, serta analisis bottleneck. Maka, TPT inovatif dari SUPCON, time-series pre-trained transformer yang pertama di industri proses, akan merevolusi aplikasi data dan mendorong perkembangan industri secara berkelanjutan sebagai industrial intelligent engine generasi baru. Lebih lagi, peluncuran TPT menjadi pencapaian SUPCON dalam membangun daya saing "AI+data", serta membuat kemajuan dalam inovasi dan implementasi AI.

Multifungsi, Bersifat Umum, dan Reliabel

TPT dari SUPCON memiliki tiga karakteristik: multifungsi, bersifat umum, dan reliabel.

Multifungsi: TPT mengintegrasikan simulasi dan prediksi untuk berbagai pekerjaan industri dengan melatih beragam prediksi siklus dan simulasi dynamic steady-state. Integrasi ini pun efektif menangani skenario kompleks dengan menyatukan analisis, optimalisasi, dan sistem kendali.

Bersifat Umum: TPT menghimpun data masif untuk pre-training dan mempelajari kelemahan dalam aktivitas operasional. TPT dapat dipakai kembali dalam unit dan kondisi yang berbeda-beda sehingga sangat mudah beradaptasi.

Reliabel: TPT menawarkan akurasi dan inklusi yang lebih baik ketimbang model AI konvensional. Maka, TPT memfasilitasi pengendalian akurat dalam aktivitas produksi yang lebih optimal dan bersifat closed-loop di unit industri.

Merombak Paradigma Baru Aplikasi Industri

Di sektor industri, TPT merombak aplikasi dan data industri yang biasanya terpisah-pisah, serta bertransformasi dari konsep konvensional  "N models + N Applications menjadi paradigma baru "TPT + 1 software" di pabrik.

Aplikasi TPT SUPCON juga telah membuat terobosan di beragam unit, meliputi chlor-alkali, tenaga panas bumi, dan pabrik petrokimia. TPT melengkapi unit-unit produksi tersebut dengan "intelligent brain" agar mampu "berpikir" dan "berkomunikasi" secara otomatis seperti tenaga ahli, sekaligus memantau dan mengoptimalkan kegiatan operasional. Hal tersebut mencapai target peningkatan efisiensi, mewujudkan aktivitas operasional yang stabil, serta meningkatkan profit. Target utamanya, mengatasi kendala yang belum teratasi. 

SUPCON mempercepat perkembangan teknologi AI untuk memimpin pertumbuhan AI industri dengan misi dan visi baru. SUPCON juga berkomitmen mempromosikan perkembangan industri yang berkelanjutan lewat AI, serta menyambut era baru di industri proses menuju AGI. Maka, peluncuran TPT secara global, serta sejumlah aplikasi industri berskala luas terkait, menjadi perkembangan penting dalam transformasi tersebut.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024